Kairo, LiputanIslam.com –  Anggota Dewan Ulama Senior Al-Azhar, Mesir, Dr. Mohammad Emara menyebut da’i ternama Arab Saudi Syeikh Salman Al-Ouda yang sedang diadili oleh otoritas Saudi sebagai salah satu ulama moderat di tengah umat Islam kontemporer.

Menanggapi pengadilan tersebut Emara kepada Rai al-Youm, Rabu (5/9/2018) mengatakan bahwa al-Ouda merupakan salah satu guru yang mengajarkan Islam moderat, dan ini terlihat jelas dari berbagai upaya intelektual, baik dalam bentuk tulisan, ceramah, dan pemikiran yang diajarkan kepada murid-muridnya.

“Saya mengetahui dari Syeikh Al-Ouda bahwa ketika pertama kali ditangkap dia telah membaca seluruh karya Imam Mohammad Abduh. Dengan demikian dia terbuka kepada gerakan pembaharuan dalam kebudayaan Islam modern,” lanjut Emara.

Terakhir Emara menekankan, “ Syeikh al-Ouda tergolong alim ulama yang pemikirannya harus mendapat perhatian, dihormati, dan tidak seharusnya dibuat tragedi terhadap mereka seperti yang kita saksikan sekarang dalam realitas politik kontemporer kita.” (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*