yaman pro ansarullah2

Lautan massa kelompok Syiah al-Houthi menggelar shalat jamaah dalam sebuah aksi protes anti pemerintah di Sanaa, ibu kota Yaman.

Ankara, LiputanIslam.com – Harian Turki Today’s Zaman (TZ) dalam sebuah artikelnya yang berjudul “Gerakan Yaman Menuju Lingkaran Iran” menilai menguatnya pengaruh Iran di Yaman akan menjadi mimpi buruk bagi Arab Saudi karena juga akan membuka peluang bagi masuknya pengaruh Iran ke provinsi-provinsi di bagian timur Arab Saudi.

TZ menyebutkan bahwa Yaman adalah negara Arab pertama yang terkena dampak fenomena Arab Spring yang bermula di Tunisia. Kerusuhan di Yaman bermula pada awal Januari 2011 ketika massa menggelar unjuk rasa akbar anti korupsi, pengangguran dan kemiskinan. Maraknya aksi protes membuat Presiden Ali Abdullah Saleh mundur pada 27 Februari 2012 dan menyerahkan kekuasaan kepada wakilnya, Mansur Hadi.

Menurut TZ, di tengah proses transformasi politik yang berlangsung di Yaman, Iran gigih mendukung kelompok militan Syiah al-Houthi, dan berkat dukungan ini kelompok tersebut beserta sayap militernya yang bernama Ansarullah kini menjelma menjadi negara dalam negara di Yaman.

TZ menambahkan bahwa menyusul kian maraknya kerusuhan di Yaman, terutama pada tahun 2014, sebagian pasukan dan pejabat loyalis presiden terguling Abdullah Saleh bahkan bergabung dengan kelompok Syiah al-Houthi yang kini mengendalikan hampir semua mesin pemerintahan di Yaman, kecuali kepresidenan.

TZ menyebutkan bahwa dukungan terbesar di dalam negeri bagi kelompok Syiah al-Houthi berasal dari para pendukung rezim terguling Abdullah Saleh, sedangkan dukungan terbesar dari luar negeri berasal dari Iran, dan banyak milisi al-Houthi yang dilatih di kamp-kamp Hizbullah Lebanon yang bersekutu dengan Iran.

Di bagian akhir TZ menuliskan bahwa tertanamnya gerakan al-Houthi dalam mesin pemerintahan Yaman akan melicinkan campurtangan Iran dalam urusan internal Yaman, dan pada gilirannya akan memperkuat posisi Iran di Timur Tengah dan sekaligus menimbulkan dampak besar bagi Arab Saudi.

“Membengkaknya pengaruh Iran dalam urusan internal Yaman adalah mimpi buruk bagi Arab Saudi, sebab di saat Iran sudah memiliki pengaruh di provinsi-provinsi timur Saudi yang dihuni oleh kaum Syiah Arab, sekarang juga ada entitas Syiah lain dukungan Iran yang akan menekan Saudi dari bagian barat daya,” tulis TZ. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*