wanita Mesir usai ikuti referendum (foto:thenews.com)

Kairo, LiputanIslam.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mesir Selasa (27/5) menyatakan tingkat partisipasi rakyat dalam pemilu presiden (pilpres) Mesir yang berlangsung Senin-Selasa (26-27/5) berkurang 37 persen.

Pemilu itu sendiri dijadwalkan berakhir Selasa malam, namun komisi itu memperpanjang masa pemungutan suara hingga satu hari lagi. Perpanjangan waktu ini dilaporkan mendapat protes dari tim sukses masing-masing calon presiden, Abdul Fattah al-Sisi dan Hamdan Sabahi.

Para pejabat Mesir telah mendata tingkat partisipasi rakyat dalam pemilu. Diperkirakan bahwa kandidat yang akan menang dalam pemilu ini adalah al-Sisi yang merupakan mantan menteri pertahanan dan panglima angkatan bersenjata Mesir.

Seorang anggota KPU Mesir menyatakan perpanjangan waktu itu diharapkan dapat mendongkrak tingkat partisipasi rakyat. Sesuai keputusan ini, tempat-tempat pemungutan-pemungutan suara tetap diaktifkan pada hari ini, Rabu (28/5) sejak pukul 09.00 waktu setempat, sebagaimana dua hari sebelumnya.

Rabu lalu KPU Mesir mengumumkan al-Sisi telah mengantongi 94.5 persen suara dalam pemungutan suara yang telah diselenggarakan di luar negeri pada tanggal 15 hingga 19 Mei lalu dan diikuti oleh sekitar 318.000 warga Mesir yang tinggal di luar negeri.

Para pendukung presiden Mesir terguling Mohamed Morsi dan anggota kelompok Ikhwanul Muslimin memboikot pemilu dengan alasan telah terjadi kudeta dan penggulingan secara inkonstitusional terhadap presiden Morsi. Di pihak lain, para pendukung al-Sisi menyatakan bahwa pelengseran Morsi adalah “demi meluruskan jalannya revolusi”.

Akibatnya marak aksi kekerasan di Mesir sejak tergulingnya Morsi, pilpres Mesir berlangsung di bawah pengamanan ekstra ketat. Otoritas Mesir mengerahkan sekitar 400,000 personil angkatan bersenjata dan polisi untuk mengamankan semua tempat pemungutan suara.
Dalam pemilu ini tercatat sebanyak lebih dari 50 juta penduduk Mesir memilik hak untuk memberikan suara. (mm/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL