Washington, LiputanIslam.com –  Menlu Amerika Serikat (AS) Rex Tillerson menyatakan bahwa Presiden AS akan berkunjung ke Riyadh, Tel Aviv, dan Vatikan untuk menggalang “persatuan anti-Iran.”

Dalam wawancara dengan channel MBC, Minggu (14/5/2017), ketika ditanya mengenai apakah dalam safari itu Trump akan menyampaikan kritikan-kritikan yang pernah dia lontarkan dulu terhadap Arab Saudi, Tillerson menjawab, “Baik, kunjungan yang akan dilakukan oleh presiden pada pekan ini merupakan kunjungan yang sangat penting.”

Dia menjelaskan bahwa dalam kunjungan perdananya ke luar negeri ini Trump sengaja memilih Saudi, Israel dan Vatikan sebagai tujuan adalah dalam rangka menghubungkan tiga agama besar Islam, Yahudi dan Kristen.

“Saya kira, sisi penting kunjungan presiden ialah menyampaikan pesan persatuan antaragama, karena dia berkeyakinan bahwa hubungan antaragama inilah yang berdiri di hadapan kekuatan-kekuatan terorisme, keyakinan yang menakutkan, dan kekerasan yang kita saksikan ini, ISIS, al-Qaeda, dan kelompok-kelompok teroris lain, dan pada akhirnya akan menang atas mereka,” tuturnya.

Selanjut dia ditanya apakah Trump akan berpihak pada aliran Sunni dalam perselisihan lama antara Sunni dan Syiah.

“Tidak, sama sekali tidak demikian. Masalah ini tak ada hubungannya dengan aliran.  Hanya saja, memang ada unsur kuat yang bernama peranan Iran, bangsa Iran, dalam dukungan kepada terorisme, radikalisme, kekerasan dan aksi-aksi destabilitasi Iran dan hegemoni negara ini di kawasan,” jawabnya.

Dia menambahkan, “Saya kira sudah ada konsensus antara semua negara Arab, Israel dan lain-lain mengenai aktivitas destabilitasi Iran. Saya kira, jika kita hendak mengatakan secara lebih jelas, dapat kita katakan bahwa ini lebih berkenaan dengan penciptaan persatuan di hadapan Iran.”

Sebelumnya, Tillerson dan para pejabat AS lainnya mengatakan bahwa Washington sedang merevisi kebijakannya terhadap Iran. (mm/fna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL