Hamburg, LiputanIslam.com –  Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Rex Tillerson, Jumat (7/7/2017), menyatakan pemerintah negara ini memandang Presiden Suriah Bashar al-Assad dan keluarganya tidak memiliki masa depan di Suriah, dan dalam hal ini pendirian Washington tidak berubah.

Di saat yang sama, Tillerson juga menyebutkan prediksinya mengenai kesepakatan segi tiga Yordania, AS, dan Rusia yang telah diumumkan berkenaan dengan gencatan senjata di bagian barat daya Suriah dan rinciannya diharapkan akan rampung dalam jangka waktu kurang dari satu minggu.

Hal tersebut dia nyatakan dalam konferensi pers di Hamburg, Jerman, usai pertemuan antara Presiden AS Donald Trump dan Presiden Rusia Vladimir Putin di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi G-20 yang akan berakhir hari ini.

Tillerson menjelaskan bahwa dalam pertemuan yang berlangsung selama lebih dari dua jam itu keduanya telah membahas berbagai isu, terutama krisis Suriah serta tuduhan AS bahwa Rusia melakukan sabotase terhadap pemilu presiden AS yang berlangsung 8 November 2017.

Ditanya mengenai pendapat AS mengenai masa depan al-Assad, dia mengatakan, “Kami memandang al-Assad dan pemerintahannya tidak memiliki peran jangka panjang, dan pendirian kami dalam hal ini tidak berubah. Kami telah menjelaskannya kepada semua orang, dan kami tegaskan dengan gamblang masalah ini dalam diskusi kami dengan Rusia bahwa masyarakat dunia tidak menerima Suriah dipimpin oleh pemerintahan al-Assad.”

Dia memastikan bahwa Suriah berusaha mendapatkan pengakuan internasional dan masa depan ekonomi yang terjamin sehingga harus mendapat pemimpin baru. Dia mengklaim bahwa rekonstruksi dan bantuan kemanusiaan ke Suriah ke Suriah akan sulit mengalir jika al-Assad tetap bertahan karena kepercayaan orang kepadanya sangat minim.

Sebelumnya di hari yang sama, pemerintah Yordania mengumumkan bahwa telah dicapai kesepakatan segi tiga AS, Rusia dan Yordania mengenai gencatan senjata di barat daya Suriah yang akan diterapkan sejak Minggu (9/7/2017).(mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL