intifada palestinaAlkhalil, LiputanIslam.com – Satu pemuda pemuda Palestina gugur syahid ditembak oleh pasukan keamanan Israel setelah menikam seorang warga Zionis di pemukiman Zionis Kiryat Arba, dekat kota al-Khalil (Hebron), di Tepi Barat, Kamis (30/6).

Palestinian Information Center mengutip laporan channel 10 Israel bahwa seorang pemuda Palestina berhasil menyusup ke permukiman tersebut kemudian melancarkan aksi penikaman hingga menyebabkan satu pemukim Zionis luka parah kemudian tewas. Selain itu satu warga Zionis lainnya juga menderita luka parah.

Semula dilaporkan bahwa pemuda Palestina bernama Mohammad Tarayireh, 19 tahun, menyusup ke Kiryat Arba kemudian melepaskan tembakan, tapi kemudian dilaporkan bahwa dia menyerang bukan dengan senjata api, melainkan senjata tajam.

Departemen Kesehatan Palestina secara resmi mengumumkan bahwa pemuda Palestina itu tertembak mati.

Media Israel menyebutkan bahwa pemuda penyerang itu adalah penduduk Palestina warga sebuah desa dekat Kiryat Arba.

Selama delapan bulan terakhir ini, para pejuang Palestina telah membunuh 33 orang Zionis, sementara pasukan Israel membunuh sedikitnya 198 Palestina yang menurut Israel, 134 di antaranya adalah penyerang, sedangkan selebih terbunuh dalam aksi bentrok dan protes.

Serangan kali ini merupakan kelanjutan dari gerakan intifada atau kebangkitan Palestina yang dipicu oleh ambisi kaum Zionis Israel untuk menguasai Masjid al-Aqsa. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL