polisi mesirKairo, LiputanIslam.com – Serangan kawanan bersenjata terhadap pemerintah Mesir terjadi lagi di Semenanjung Sinai. Kementerian Dalam Negeri Mesir menyatakan tiga polisi meninggal dunia diserang militan di kawasan yang memang rawan tersebut. Bersamaan dengan ini, 78 remaja Mesir usia belasan tahun telah dijatuhi vonis hukuman penjara karena terlibat dalam unjuk rasa mendukung presiden terguling Mohamed Morsi.

Sebagaimana dikutip Ahram Online, Kementerian Dalam Negeri Mesir dalam statemennya Rabu kemarin (26/11) menyebutkan bahwa tiga polisi, satu di antaranya berpangkat kolonol, diserang militan ketika sedang bepergian dengan mengendarai truk pick-up di El-Arish, ibu kota provinsi Sinai Utara.

Serangan itu terjadi beberapa hari setelah dua polisi juga terbunuh akibat ledakan bom di sisi jalan gerbang kota yang sama.
Pasukan militer Mesir sudah beberapa lama bergerak memerangi para Islamis pemberontak di Semenanjung Sinai, mengakibatkan beberapa polisi dan tentara tewas sejak militer menggulingkan pemerintahan Presiden Mohamed Morsi pada Juli 2013 dan menekan para pendukungnya.

Pemerintah Kairo juga telah mengumumkan situasi darurat untuk beberapa kawasan Sinai Utara pada 24 Oktober lalu menyusul serangan besar di dekat El-Arish yang menewaskan sedikitnya 30 tentara, yaitu serangan yang paling mematikan terhadap pasukan keamanan negara ini pasca tergulingnya pemerintah Morsi.

Kelompok-kelompok militan menyatakan bertanggungjawab atas serangan itu dan menyebutnya sebagai serangan dalam rangka membalas represi pemerintah terhadap para Islamis yang telah menjatuhkan ratusan korban tewas dan ribuan orang dijebloskan ke dalam penjara.

Dalam peristiwa terbaru, pengadilan kota Alexandria, Mesir, Rabu kemarin menjatuhkan vonis hukuman penjara terhadap 78 remaja karena terlibat dalam demonstrasi pro Morsi yang diselenggarakan oleh kelompok Ikhwanul Muslimin dalam tiga bulan terakhir.

Mengutip keterangan pejabat Mesir, kantor berita resmi negara ini, MENA, melaporkan bahwa puluhan remaja laki-laki dengan usia antara 13 hingga 17 tahun itu dikenai hukuman penjara antara dua hingga tujuh tahun. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL