Washington, LiputanIslam.com –   Tiga sumber pejabat Turki yang mengetahui kasus hilangnya wartawan dan kritikus Arab Saudi Jamal Khashoggi dalam keterangan mereka kepada jaringan berita CNN, Rabu (17/10/2018), telah mengungkap keberaan seorang perwira tinggi direksi dinas intelijen umum Saudi sebagai “otak” yang telah mengatur dan memantau proses kejatan terhadap Khashoggi.

Salah seorang sumber menyebutkan bahwa pejabat tinggi Saudi itu adalah  “orang yang dekat dengan lingkaran internal Putra Mahkota Saudi Pangeran Mohamed bin Salman (MbS)”.

Tidak dijelaskan apakah MbS mengetahui pembunuhan itu, sementara Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyatakan bahwa MbS mengaku tidak mengetahuinya.

Sumber kedua menyatakan, “Perwira itu menghimpun dan mengirim timnya untuk menginterogasi Khashoggi… Mereka semula ragu mengenai adanya hubungan antara Khashoggi dan Qatar, tapi memang tidak ada bukti mengenai adanya hubungan antara Qatar dan Khashoggi.”

Sumber ketiga mengatakan bahwa perwira tinggi yang mengatur proses pembantaian Khashoggi itu “tidak berterus terang mengenai apa yang dia katakan kepada Riyadh sehingga menunjukkan bahwa pemerintah tidak memiliki informasi yang jelas mengenai proses itu selama beberapa hari.”

Trump dan menlunya, Mike Pompeo, Selasa lalu menyatakan bahwa MbS telah memberitahu keduanya bahwa penyelidikan atas kasus ini telah dimulai dan hasilnya akan terlihat dalam waktu dekat. Senin lalu Trump mengaku mengambil kesimpulan dari percakapan telefonnya dengan Raja Salman bin Abdulaziz dari Arab Saudi bahwa bisa jadi dalangnya adalah “pembunuh nakal”.

Salah satu narasumber mengatakan, “Ada kemungkinan laporan nanti akan tersimpul pada pernyataan bahwa proses (pembunuhan) itu memang telah dilakukan, tapi tanpa ada kejelasan (rinci) sehingga masih misteri, dan orang-orang yang terlibat akan dihukum.”

Sumber lain menyebutkan bahwa laporan masih dipersiapkan, dan “perkara bisa jadi berubah.” (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*