saja al-duleimiBeirut, LiputanIslam.com – Hasil tes DNA menunjukkan bahwa perempuan bernama Saja al-Duleimi yang tertangkap oleh tentara Lebanon sejak beberapa hari lalu adalah isteri Abu Bakar al-Baghdadi, gembong teroris takfiri Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Demikian dikatakan seorang narasumber pengadilan Lebanon kepada kantor berita Turki Anatolia, Rabu (3/11).

“Saja al-Duleimi, isteri al-Baghdadi dan anak-anaknya masih ditahan oleh Kementerian Pertahanan Lebanon. Sejauh ini sudah dilakukan pemeriksaan terhadapnya, dan dalam pemeriksaan dia mengakui statusnya sebagai isteri al-Baghdadi,” kata sumber lain dari otoritas keamanan Lebanon kepada koran al-Jumhuriyyah.

Dia menambahkan bahwa penangkapan al-Duleimi merupakan keberhasilan tersendiri bagi tentara Lebanon serta menunjukkan kerja keras aparat intelijen dalam meneropong para teroris.

Narasumber keamanan Lebanon mengatakan kepada Ashrq al-Awshat bahwa al-Duleimi dan anak-anak al-Baghdadi ditangkap sekitar 10 hari lalu di bagian timur Lebanon, namun sempat dirahasiakan dengan alasan keamanan.

Sementara itu, salah seorang pengusaha penganut sekte Yazidi mengajukan permohonan kepada pemerintah Lebanon untuk membeli al-Duleimi.

Menurut narasumber keamanan Lebanon, salah seorang petinggi “Kelompok 14 Maret” Lebanon menyatakan bahwa seorang pengusaha Yazidi telah melayangkan surat kepada salah seorang tokoh Lebanon berisikan permintaan untuk membeli al-Duleimi dengan harga berapapun agar wanita itu dapat ditukarkan dengan kaum perempuan Yazidi yang diperjual belikan oleh ISIS di pasar-pasar di Suriah dan Irak.

Dilaporkan bahwa al-Duleimi juga menganut faham radikal dan ekstrem sebagaimana suaminya.

Mengenai kedatangannya ke Lebanon, para analis mengatakan bahwa dia bermaksud menggerakkan kembali sebuah jaringan yang bubar akibat tertangkapnya gembong wanita takfiri bernama Jamanah Hamid. Jaringan itu merupakan jaringan kaum perempuan takfiri yang aktif dalam penyediaan, transportasi dan pengoperasian bom-bom teror di Lebanon, Suriah dan Irak.

Jamanah Hamid terpantau dan tertangkap beberapa waktu lalu dan sekarang diamankan di Penjara Roumieh, Lebanon.

Seperti pernah diberitakan LI sebelumnya, Saja al-Duleimi tertangkap di dekat pintu perbatasan di bagian timur Lebanon setelah diketahui menggunakan paspor palsu bersama beberapa anaknya. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL