Damaskus, LiputanIslam.com –  Pasukan Arab Suriah (SAA) terus bergerak maju dalam operasi militer pembasmian ISIS di provinsi Deir Ezzor di bagian timur negara ini setelah dari arah kawasan Badia mereka berhasil menerobos masuk ke provinsi yang sebagian besar dikuasai ISIS ini.

Direktur Eksekutif Observatorium Suriah untuk HAM (SOHR) Rami Abdulraman kepada AFP, Ahad 27/8/2017), mengatakan, “Tentara Suriah bergerak maju sejauh puluhan kilometer dari arah kota al-Sukhnah di bagian tengah Badia Suriah, dan dapat menerobos masuk sejauh 13 kilometer ke bagian barat daya provinsi Deir Ezzor.

Abdulrahman mencatat baru sekarang tentara Suriah masuk ke provinsi itu dari arah Badiah Suriah sejak negara ini dilanda krisis pemberontakan dan terorisme.

Tentara Suriah bermaksud membebaskan provinsi Deir Ezzor dari tiga arah, yaitu dari selatan provinsi Raqqa, dari bagian tengah Badiah, dan dari kawasan perbatasan Irak yang terletak di selatan provinsi Deir Ezzor.

SAA berhasil memasuki provinsi Deir Ezzor dari wilayah perbatasan Suriah-Irak pada akhir Juni lalu, dan dari provinsi  Raqqa pada awal Agustus lalu, namun hanya sejauh beberapa kilometer saja.

ISIS menguasai hampir semua wilayah provinsi Deir Ezzor sejak 2014 dan hanya tersisa sebagian kecil wilayah kota Deir Ezzor dan bandaranya yang masih dikuasai oleh SAA.

ISIS di provinsi ini juga diserang oleh aliansi Pasukan Demokrasi Suriah (SDF) yang sebagian besar anggotanya adalah milisi Kurdi Suriah dan didukung oleh Amerika Serikat (AS). Sejak lebih dari dua bulan lalu SDF terlibat pertempuran melawan ISIS di kota Raqqa yang menjadi markas besar ISIS di Suriah.

Menurut SOHR, bersamaan dengan gerak maju SAA di kawasan Badiah, tentara Suriah ini juga berhasil menghalau ISIS dari kawasan luas di sisi timur laut provinsi  Homs. SAA sejak beberapa hari lalu telah mengepung total ISIS di bagian tengah Badiah dan terus memperketat kepungan itu dengan bantuan serangan Angkatan Udara Suriah dan Rusia.

SOHR melaporkan bahwa pertempuran di kawasan yang terkepung di provinsi Homs dan Hama di bagian tengah Suriah itu berlangsung sengit , dan jet-jet tempur pada Sabtu lalu telah melancarkan lebih dari 50 kali serangan ke kota kecil Uqayribat  dan kawasan pedesaan di sisi timur provinsi Hama.

Sejak Mei lalu SAA yang didukung Angkatan Udara Rusia melancarkan operasi militer besar-besaran untuk menguasai kawasan Badia yang luasnya mencapai 90,000 kilometer persegi dan menghubungkan bagian tengah Suriah dengan perbatasan Irak dan Yordania. (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL