pasukan suriah di aleppoBeirut, LiputanIslam.com – Lembaga Observatorium Suriah untuk HAM menyatakan Pasukan Arab Suriah (SAA) terus bergerak maju mendekati kota dan pangkalan udara Tabqa. Demikian dilaporkan laman berita Rai al-Youm, Senin (20/6).

Lembaga ini menjelaskan dewasa ini SAA yang dibantu pasukan udara Rusia sudah berada di lokasi yang berjarak hanya 7 km dari pangkalan udara strategis yang terletak di provinsi Raqqah, Suriah utara, tersebut.

Menurut lembaga ini, SAA sempat tertahan di jarak 15 km selama lebih dari seminggu akibat perlawanan gerombolan teroris ISIS, tapi kemudian mereka dapat bergerak maju mendesak ISIS dengan bantuan serangan udara Rusia dan penguatan pasukan elit Garda Republik Suriah.

“Pertempuran sengit masih berlanjut dan sedikitnya sembilan tentara pemerintah terbunuh,” ujar Direktur Eksekutif Observatorium Suriah untuk HAM, Rami Abdulrahman.

Kota Tabqa yang diduduki ISIS sejak 2014 berjarak 50 km dari kota Raqqah yang diduduki ISIS dan menjadi markas utama mereka di Suriah.

Jika SAA berhasil merebut kembali Tabqa maka jalur bantuan bagi ISIS dari arah Barat praktis akan terputus.

ISIS menguasai sebagian besar provinsi Raqqah, dan beberapa waktu lalu mereka terusir dari dua kota Tel Abyad dan Ain Issa oleh gempuran pasukan Demokrasi Suriah yang mayoritas anggotanya bersuku Kurdi Suriah. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL