terowongan isis di irakBaghdad, LiputanIslam.com – Sebuah terowongan panjang yang baru ditemukan di Baiji, Irak, digali dengan mesin dan desain Amerika Serikat (AS). Demikian dikatakan Hadi al-Amiri, pemimpin Organisasi Badr yang juga merupakan salah satu komandan terkemuka relawan al-Hashd al-Shaabi.

“Terowongan ini membentang sepanjang 1400 meter dari kawasan al-Dawr hingga kilang minyak Baiji di utara kota Tikrit, ibu kota provinsi Salahuddin (Saladin), dan di dalamnya terdapat sumber pasokan listrikdan tempat istirahat kawanan teroris,” tuturnya dalam wawancara dengan TV al-Ghadir milik organisasi Badr, Senin (2/11).

Dia menambahkan, “Terowongan ini dibuat sejak beberapa waktu lalu dengan rancangan dan mesin buatan AS, dan di situ para teroris ISIS berlindung dari serangan jet tempur Irak dan gerak maju pasukan gabungan relawan dan militer Irak.”

Menurutnya, terowongan itu ditemukan secara tak disengaja oleh relawan setelah terjadi hujan lebat. Kawanan teroris menggunakannya untuk berbagai keperluan seperti suplai logistik, kabur dari lokasi pertempuran, dan melancarkan serangan tiba-tiba terhadap pasukan gabungan Irak.

Terowongan menjadi sarana perang yang sangat diandalkan oleh ISIS, dan karena itu ISIS kerap disebut masyarakat sebagai tikus-tikus teroris. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL