Beirut, LiputanIslam.com –  Pertumpahan darah dan aksi saling bantai antarkelompok teroris masih berlanjut di Suriah. Lembaga Observatorum Suriah untuk HAM melaporkan bahwa kelompok teroris Jund al-Aqsa telah mengeksekusi 41 anggota aliansi teroris lain yang dianggota terutama oleh Jabhat Fateh al-Sham alias Jabhat al-Nusra, Jumat (17/2/2017).

LSM yang dekat kelompok oposisi Suriah dan berbasis di London ini menyatakan eksekusi itu dilakukan sebagai kelanjutan dari konfrontasi antara kedua pihak di bagian barat laut Suriah.

Direktur eksekutif lembaga ini, Rami Abdulrahman, kepada AFP mengaku pihaknya Jumat dapat mengonfirmasi “eksekusi oleh organisasi Jund al-Aqsa di kota Khan Shikhun Senin lalu (13/2/2017) terhadap 41 kombatan Jabhat Tahrir Sham” yang merupakan gabungan Jabhat Fateh Sham dan Gerakan Nour al-Din al-Zenky.

Dia menambahkan bahwa hal ini merupakan bagian dari rangkaian “pertempuran sengit yang berkelanjutan antara kedua pihak” di provinsi Idlib di Suriah barat laut.

Selasa lalu, menurut LSM yang sama, 69 militan terbunuh dalam beberapa aksi kekerasan berupa pemboman, kontak senjata, peledakan, dan eksekusi yang terjadi antara kubu Jund al-Aqsa di satu pihak dan kubu Jabhat Tahrir Sham yang mencakup kelompok Fateh al-Sham alias Jabhat al-Nusra (cabang al-Qaeda di Suriah)  dan Harakah Nour al-Din al-Zenki di pihak lain.

Jumat kemarin dilaporkan pula bahwa Jabhat Fateh al-Sham merencanakan pembentukan negara keamiran (imarah) di provinsi Idlib dan Hama serta berusaha menggagalakn proses politik yang sedang berlangsung di Suriah.

Disebutkan bahwa kelompok ini sedang menerapkan rencananya itu melalui penumpasan Jund al-Aqsa di  idlib dan Hama. Sebelum mengobarkan perang ini, Jabhat al-Nusra membentuk Dewan Pembebasan Sham yang untuk mencakup beberapa kelompok oposisi Suriah, kemudian terjadi konfrontasi dewan ini dengan kelompok Harakah Ahrar Sham dan sekutunya.

Perang Jabhat al-Nusra sekarang ditujukan terutama untuk menghabisi Jund al-Aqsa di idlib dan Hama demi mengembangkan kekuasaan seluas mungkin di dua wilayah ini agar jalannya menuju negara keamiran mulus. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL