teroris di irakSanaa, LiputanIslam.com – Berbagai media Irak melaporkan bahwa aparat keamanan Irak telah mengungkap dan menyita sejumlah besar kitab suci alp-Quran yang dipasang bom di kawasan Hamrin di utara Tikrit, provinsi Salahuddin. Demikian diberitakan IRNA, Minggu (28/6).

Tanpa memberikan laporan lebih rinci, IRNA menyebutkan kawanan teroris bermaksud membagikan kitab suci yang sudah dipasang bahan peledak kepada penduduk di Baquba dan Khalis di provinsi Diyala.

Laporan lain dari lembaga pemberitaan al-Maalumah mengutip pernyataan sebuah sumber militer Irak di provinsi Anbar bahwa sebanyak 60 lebih anggota teroris takfiri ISIS tewas dalam operasi serangan angkatan udara Irak terhadap 14 titik konsentrasi ISIS di kota Fallujah, provinsi Anbar.

“Operasi ini dilancarkan berdasarkan informasi akurat dari Komando Keamanan Baghdad,” kata sumber itu.

Sedangkan di Hamrin, satu komandan senior ISIS berjulukan Abu Ikrimah al-Yaman tewas dalam pertempuran ISIS dengan tentara dan relawan Irak.

Sementara itu, anggota fraksi al-Ahrar dalam parlemen Irak, Shabah al-Saidi, menyatakan penolakan kerasnya terhadap keberadaan pasukan darat asing di wilayah Irak. Dia memastikan bahwa para mujahidin Irak akan menunjukkan reaksi mematikan terhadap pasukan darat asing yang masuk ke Irak.

“Ini sudah menjadi pendirian solid kami terhadap segala bentuk keberadaan pasukan darat asing di wilayah Irak, dan pendirian ini tidak akan pernah berubah,” tegasnya.

Dia menambahkan, “Terhadap semua pasukan asing itu, kelompok Sadr juga mengambil sikap yang sama dengan sikap kami berkenaan dengan pasukan Amerika, dan kami akan melakukan perlawanan sampai semua pasukan asing keluar dari Irak.”

Dalam beberapa hari terakhir berbagai sumber media dan politik Irak menyatakan ada kemungkinan pasukan darat Yordania akan masuk ke provinsi Anbar untuk terlibat dalam upaya pembebasan provinsi Anbar dari pendudukan teroris ISIS. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL