انتحاريان يفجران نفسيهما داخل غرفته في فندق ببيروتBeirut, LiputanIslam.com – Beirut, ibu kota Lebanon kembali diguncang aksi bom bunuh diri. Menurut laporan al-Manar, seorang pria telah meledakkan dirinya di dalam kamar hotel Duroy yang terletak sekitar 20 meter dari Kedutaan Besar Arab Saudi di kawasan Raouche, Beirut, mengakibatkan pelakunya tewas dan sejumlah petugas keamanan cidera.

Ledakan yang terjadi Rabu (25/6/2014) sore waktu setempat itu merupakan yang ketiga kalinya di Lebanon dalam tempo kurang dari satu minggu.

Pria itu meledakkan diri ketika digerebek oleh para petugas keamanan. Dalam peristiwa itu petugas berhasil mencokok satu pria lain yang diketahui juga akan meledakkan diri namun belum sempat melakukannya.

Keterangan dari pihak keamanan yang didapat al-Manar menyebutkan bahwa kedua pria itu sama-sama berkewarganegaraan Arab Saudi. Sumber lain yang diperoleh al-Manar menyatakan ada beberapa orang lain juga ditangkap di hotel dan lokasi sekitar, sebagian di antaranya diduga sebagai anggota jaringan teroris.

Menteri Dalam Negeri Lebanon, Nihad al-Mashnouq, saat meninjau lokasi peristiwa mengatakan, aksi peledakan ini merupakan upaya untuk mengacaukan keamanan publik, sebab pembom bunuh diri rencananya akan meledakkan diri di tempat lain namun berhasil dicegah oleh aparat keamanan. Di depan hotel yang menjadi tempat ledakan al-Mashnouq mengapresiasi keberhasilan aparat keamanan tersebut dan menegaskan bahwa bangsa Lebanon pasti menang melawan teroris.

Kantor berita Lebanon (NNA) melaporkan bahwa pelaku bom bunuh diri diketahui bernama Abdul Rahman al-Humaiqi dan merupakan pemuda berkewarganegaraan Arab Saudi kelahiran tahun 1994. Sedangkan satu pria lain yang tertangkap juga merupakan warga negara Saudi dengan nama Ahmad Abdul Rahman al-Suwaini.

Senin malam lalu seorang pembom bunuh diri meledakkan mobilnya di dekat sebuah pos pemeriksaan militer di kota, menewaskan dirinya dan seorang petugas keamanan. Tiga hari sebelumnya, kepala Dinas Keamanan Umum Lebanon lolos dari serangan bom bunuh diri di dekat perbatasan Suriah. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL