pasukan isisBaghdad, LiputanIslam.com – Kelompok teroris transnasional Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dilaporkan telah mendatangkan 3000 personil pasukannya dari Suriah ke Mosul, Irak, setelah para petempurnya menderita kekalahan secara beruntun dalam pertempuran dengan tentara dan relawan Irak di sekitar kota terbesar kedua di Irak tersebut.

“Gerak maju secara masif tentara dan relawan Irak ke arah Mosul serta terbunuh dan terlukanya puluhan teroris ISIS, termasuk empat komandan mereka, dalam pertempuran belum lama ini dengan tentara dan relawan Irak telah mendorong ISIS untuk mendatangkan 3000 milisinya dari Suriah,” ungkap seorang narasumber keamanan di Mosul kepada situs berita analisis al-Waqt, Rabu (28/1/2015).

Dia menyebutkan bahwa lingkaran utama pimpinan ISIS belakangan ini semakin banyak menebar kejahatan di Mosul untuk menimbulkan ketakutan di tengah penduduk setempat dan demi mencegah gerak maju militer Irak.

Namun, lanjutnya, ISIS lantas menarik ribuan milisinya ke Mosul karena mereka menyadari akan kalah dalam menghadapi tentara dan relawan Irak, dan keterdesakannya di Mosul menjadi pendahuluan bagi mundurnya mereka dari seluruh wilayah Irak dan melemahnya mereka di wilayah Suriah. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*