معسكر القاعدة في ”نخلا” يسقط بيد الجيش واللجان الثوريةSanaa, LiputanIslam.com –  Militer Yaman Senin kemarin (15/6) menyatakan pihaknya bersama komite revolusi rakyat yang terafiliasi dengan Ansarullah berhasil merebut pangkalan militer al-Nakhla dan al-Suhail dari kawanan teroris al-Qaida dan milisi pendukung Partai al-Islah di provinsi Ma’rib setelah terlibat pertempuran yang menjatuhkan puluhan korban tewas dan luka di pihak al-Qaeda dan al-Islah.

Sumber militer saat memberitakan perkembangan itu mengatakan kepada al-Marsd bahwa tentara Yaman juga telah menangkap puluhan teroris anggota al-Qaeda dan sekutunya.

Kantor berita Yaman, Saba, melaporkan keterangan seorang pejabat militer Yaman bahwa jet-jet tempur Arab Saudi melancarkan 10 kali serangan terhadap dua pangkalan itu setelah dikuasai oleh tentara Yaman.

Menurut pejabat tersebut, pangkalan al-Suhail dan al-Nakhla merupakan tempat konsentrasi dan pelatihan para teroris yang datang dari berbagai kawasan.

TV al-Jazeera memberitakan bahwa milisi Ansarullah Selasa dini hari (16/6) menembakkan beberapa roket Katyusha dan peluru mortir terhadap posisi-posisi tentara Saudi di Jazan yang terletak di kawasan perbatasan antara kedua negara, namun tidak ada keterangan mengenai akibat serangan itu.

Keterangan sumber-sumber keamanan yang dikutip Alalam menyebutkan sebanyak 35 orang terbunuh di hari ke 81 serangan udara Saudi terhadap Yaman. 18 orang terbunuh dan puluhan lainnya luka-luka akibat serangan serangan Saudi ke kota al-Haz, ibu kota provinsi Jawf, dan 17 orang juga terbunuh, beberapa di antaranya perempuan, terkena serangan Saudi terhadap kawasan permukiman di distrik Takziyah, provinsi Taiz.

Sementara itu, Wakil Menteri Luar Negeri Iran Urusan Arab dan Afrika Amir Hussain Abdullahian Senin kemarin bertolak ke Jeddah, Arab Saudi, untuk menghadiri sidang darurat para menteri luar negeri Organisasi Kerjasama Islam (OKI) yang dulu bernama Organisasi Konferensi Islam yang diselenggarakan satu hari untuk membahas situasi Yaman bersamaan dengan perundingan antar kelompok Yaman di Jenewa. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL