Sanaa, LiputanIslam.com –  Tentara Yaman Yaman telah menembakkan rudal balistik ke arah pangkalan militer King Faisal di Jizan, Arab Saudi, Senin (20/3/2017).

Sumber militer Yaman menjelaskan bahwa rudal jarak menengah telah mengena sasaran dengan presisi tinggi di kawasan Abu Arish, Jizan, di bagian selatan Saudi.  Namun demikian belum ada keterangan lebih lanjut mengenai akibat serangan rudal ini.

Sabtu malam lalu tentara Yaman dan komite rakyat negara ini melepaskan satu rudal Burkan 2 ke pangkalan udara King Salman, Riyadh, ibu kota Saudi.

Di pihak lain, pasukan koalisi pimpinan Saudi mengklaim berhasil mencegat dan menghancurkan rudal balistik yang ditembakkan oleh milisi Ansarullah (Houthi) dari Sanaa, ibu kota Yaman, ke arah Jizan.

“Pasukan pertahanan udara Kerajaan Saudi Senin sore telah mencegat rudal balistik yang ditembakkan milisi Houthi dari Sanaa, Yaman menuju Jizan, Saudi. Rudal ini berhasil dicegat dan dihancurkan tanpa menyebabkan kerugian,” ungkap petinggi pasukan koalisi.

Menurut pasukan koalisi, penembakan rudal ini merupakan yang kedua kalinya terhadap kota yang sama dalam empat hari terakhir.

Disebutkan bahwa pasukan pertahanan udara Saudi Jumat lalu juga telah mencegat dan merontokkan rudal yang ditembakkan Ansarullah ke arah Jizan.

Seperti diketahui, Saudi dan sekutunya yang tergabung dalam pasukan koalisi Arab menginvasi Yaman sejak 26 Maret 2016 untuk membela pemerintahan Presiden Abd Rabbuh Mansour Hadi melawan Ansarullah yang didukung oleh tentara loyalis mantan presiden Ali Abdullah Saleh.

Serangan Saudi ini telah menyebabkan lebih dari 10,000 orang tewas, puluhan ribu lainnya luka-luka, jutaan orang mengungsi, dan banyak prasarana negara ini hancur.  (mm/almasirah/spa)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL