pro ansarullah Yaman4Sanaa, LiputanIslam.com –  Sumber-sumber Yaman menyatakan bahwa tentara negara ini bersama pasukan rakyat yang terafiliasi dengan gerakan Ansarulllah (Houthi) berhasil merebut kembali penjara Taiz setelah terlibat pertempuran sengit dengan milisi pendukung Partai al-Islah dan sekutunya, termasuk al-Qaeda.

Penjara itu sempat dikuasai oleh milisi al-Islah dan al-Qaeda di bawah pimpinan Hamud al-Makhallafi yang dibantu oleh jet tempur Arab Saudi. Setelah menguasai penjara besar itu mereka mengaburkan 1200 terpidana yang banyak di antaranya adalah para petinggi dan anggota al-Qaeda dan ISIS.

Sebelumnya, jet tempur Saudi juga membantu al-Qaeda dalam menduduki penjara Aden dan al-Mukalla hingga mereka berhasil membebaskan beberapa pemimpin kelompok-kelompok teroris.

Di bagian lain, seperti dilaporkan Alalam, pasukan keamanan Yaman mengalami kemajuan di kawasan al-Hasab. Sumber-sumber media menyebutkan bahwa pasukan Gerakan Pembebasan Najran, Arab Saudi, yang didukung oleh suku-suku setempat telah menjatuhkan satu unit helikopter militer Saudi di bagian selatan Najran.  Helikopter itu terhempas setelah diterjang peluru anti serangan udara.

Dikabarkan pula bahwa pertempuran sengit Gerakan Pembebasan Najran melawan tentara Saudi masih berlangsung di Najran. Gerakan itu menyebut tentara Saudi sebagai pasukan pendudukan Najran. Gerakan itu dapat mendesak militer Saudi dan diperkirakan mereka juga akan segera dapat menguasai bandara Najran.

Sebelumnya, tentara Yaman dan pasukan komite revolusi Yaman berhasil menduduki beberapa pos militer Saudi di Dahran Usair serta menghancurkan tiga mesin tempur Saudi. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL