yaman ansarullah fightersSanaa, LiputanIslam.com – Tentara Yaman dan milisi Ansarullah (al-Houthi) dilaporkan telah memasuki dan menguasai kota Ataq di bagian timur Yaman tanpa melalui kontak senjata, Kamis (9/4/2015).

Lembaga pemberitaan Khabar yang bermarkas di Yaman melaporkan bahwa tentara Yaman yang didukung pasukan Ansarullah telah memasuki kota Ataq, menguasai semua bagian kota, dan menempati semua bangunam milik negara yang ada di dalamnya.
Sumber-sumber lokal menyebutkan bahwa situasi di dalam kota itu tetap tenang, dan tentara menguasai sepenuhnya ibu kota provinsi Shabwa tersebut.

Sehari sebelumnya, kawanan teroris al-Qaeda melancarkan serangan disertai aksi penjarahan di sebagian pangkalan militer di kota itu.

Dilaporkan bahwa pasukan loyalis presiden pelarian Yaman Abd Rabbuh Mansur Hadi memilih keluar dan kabur dari Ataq ketika tentara Yaman dan pasukan Ansarullah bergerak mendekati mereka.

Seperti diketahui, situasi di Yaman membara setelah Saudi dan sembilan negara Arab sekutunya, termasuk Mesir dan Sudan, melancarkan serangan udara ke Yaman sejak 26 Maret lalu dengan dalih demi membela pemerintahan Yaman yang sah. Dilaporkan bahwa lebih dari 800 warga sipil, termasuk perempuan dan anak kecil, tewas akibat serangan ini, sementara ribuan lainnya luka-luka. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL