Damaskus, LiputanIslam.com –  Pasukan pemerintah Suriah berhasil memperkuat eksistensinya di bagian utara provinsi Hama setelah merebut beberapa distrik yaitu al-Masasah, Zur al-Haisah, dan Zur al-Taibah dari tangan kelompok teroris Hayat Tahrir al-Sham alias Jabhat al-Nusra, dalam serangan hebat yang menewaskan sekira 300 teroris.

Sumber militer Suriah, Senin (24/4/2017), menyatakan satu di antara teroris yang tewas adalah Ali al-Abud, pemimpin kelompok yang bernama Failaq Ajnadal-Sham.

Operasi militer tentara Suriah di kawasan tersebut juga telah menghancurkan 20 mobil dari berbagai jenis, dua gudang amunisi, dan dua tank milik Jabhat al-Nusra.

Tentara Suriah menyatakan telah menguasai 80 persen wilayah utara provins Hama setelah merebut dua kota strategis Taiba al-Imam dan Halfaya serta puluhan distrik di sekitarnya dalam pertempuran selama dua hari terakhir.

Di bagian selatan provinsi Hama, tentara Suriah berhasil mematahkan upaya penyusupan kelompok-kelompok bersenjata Jabhat al-Nusra menuju titik-titik militer Suriah di sekitar al-Zarah.

Bersamaan dengan ini, Wakil Menlu Suriah Faisal Mekdad menyatakan Moskow telah memberikan peringatan tegas kepada Washington sehingga Amerika Serikat (AS) tidak akan melakukan agresi lagi terhadap Suriah seperti yang telah dilakukannya beberapa waktu lalu dengan melepaskan puluhan rudal Tomahawk terhadap pangkalan udara militer Shayrat milik Suriah di Homs.

“Moskow telah memberitahukan kepada Menlu AS Rex Tillerson bahwa Rusia  tidak akan diam jika AS kembali menyerang Suriah, dan setelah inilah Washington segera memberitahukan kepada para pejabat Rusia bahwa mereka tidak akan mengulangi agresinya terhadap Suriah,” katanya kepada wartawan.

Laporan lain menyebutkan puluhan anggota kelompok teroris ISIS tewas terkena serangan pasukan koalisi internasional dan dalam perang melawan Pasukan Demokrasi Suriah (SDF) di kota Tabqa, Suriah utara, Senin.  (mm/sana/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL