Damaskus, LiputanIslam.com –  Pasukan Arab Suriah (SAA) telah menyita beberapa unit senjata portable anti tank tipe Apilas di provinsi Daraa, Suriah selatan. Demikian dilaporkan laman Defence Blog sembari mengutip laporan media Suriah, Rabu (11/7/2018).

Defence Blog menyebutkan bahwa sistem anti tank itu adalah buatan Nexter, perusahaan Perancis memroduksi senjata dan perlengkapan militer.

Apilas 112 mm anti-tank  memiliki kelebihan dari segi akurasi tembaknya, berkemampuan menembus baja 720 mm dan beton 2000 mm, dan dilengkapi teropong untuk pengindraan di malam hari yang dapat memperbesar obyek pengindaraan hingga tiga kali. Panjang roketnya 1.26 meter dengan berat 9 kilogram dan jarak tempuh efektif hingga 600 meter.

Sementara itu, SANA melaporkan bahwa telah dicapai kesepakatan antara pemerintah dan kelompok-kelompok bersenjata di Daraa untuk penyerahan senjata berat dan menengah mereka kepada pemerintah, penyelesaian status militan yang berminat kepada rekonsiliasi, dan keluarnya militan yang menolak rekonsiliasi dari kawasan Daraa.

Sebelumnya,dengan mediasi Rusia, kelompok-kelompok bersenjata di distrik Tafas di bagian barat provinsi Daraa telah menyetujui rekonsiliasi dengan pemerintah dan koordinasi untuk operasi penumpasan ISIS. Kesepakatan ini memberikan peluang bagi tentara Suriah untuk melakukan kontak dengan kelompok militan Jaish Khalid bin Walid yang telah berbaiat kepada kelompok teroris ISIS. (mm/alalam/sana)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*