tentara-suriah-di-wadi-bardiDamaskus, LiputanIslam.com –   Tentara Suriah berhasil merebut kota kecil Ain al-Fiah di kawasan Wadi Barada, provinsi Damaskus, setelah menyerbunya dari berbagai arah, Minggu malam (1/1/2017).

Tentara Suriah terlibat kontak senjata sengit melawan kawanan teroris dan berusaha memperkuat kekuasaannya atas desa tempat beberapa sumber air yang dibutuhkan oleh banyak penduduk di Damaksus, ibu kota Suriah, dan kawasan sekitarnya itu.

Tentara Suriah memastikan tak ada ranjau atau bahan peledak di sumber air itu, dan sumber militer menyatakan bahwa kemungkinan besar akan segera diumumkan keberhasil tentara Suriah menguasai penuh kota ini beserta sumber air yang ada di dalamnya.

Sudah lebih dari satu minggu penduduk Damaskus dilanda krisis air minum akibat ulah teroris menguasai sumber-sumber air di daerah tersebut. Keberhasilan tentara Suriah menguasai daerah itu menandai akan segera berakhirnya krisis tersebut.

Krisis air itu membuat penduduk mengikuti dengan cermat perkembangan operasi militer Suriah untuk merebut daerah itu. Karena itu mereka lega setelah tentara Suriah menguasai desa itu dan berharap krisis ini segera selesai. Diperkirakan bahwa suplai air untuk penduduk baru akan pilih setelah beberapa hari karena diperlukan perbaikan kondisi sumber air beserta pompa-pompanya yang hancur diserang teroris.

PBB sempat menyatakan prihatin atas pemutusan suplai air bagi 4 juta penduduk Damaskus dan sekitarnya sejak 22 Desember lalu.

Sementara itu, lima orang tewas dan beberapa lainnya cidera dalam kontak senjata antara pasukan keamanan Suriah dan dua pelaku serangan bom bunuh diri di kota Tartus, Minggu pagi.

Sumber keamanan Suriah mengatakan kepada kantor berita Jerman, DPA, bahwa dua orang yang menyamar dengan mengenakan seragam militer terlibat kontak senjata dengan pasukan keamanan Suriah di depan kantor Partai Baath di Tartus.

Dua orang kemudian meledakkan diri dan menyebabkan dua aparat keamanan dan satu warga sipil tewas dan beberapa lainnya luka-luka.  Kelompok teroris ISIS menyatakan bertanggungjawab atas serangan ini. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL