Damaskus, LiputanIslam.com –  Pasukan Arab Suriah (SAA) berhasil menguasai kota al-Sukhnah yang sebelumnya telah menjadi markas terakhir kelompok teroris takfiri ISIS di provinsi Homs, Suriah. Demikian dilaporkan Observatorium Suriah untuk HAM (SOHR) dan sumber-sumber militer, Minggu (6/8/2017).

SOHR menjelaskan bahwa operasi pembebasan kota strategis al-Sukhnah terjadi  pada hari Sabtu (5/8/2015) menjelang tengah malam menyusul serangan intensif SAA dan pasukan udara Rusia yang bersekutu dengan SAA.

Keberhasilan membebaskan al-Sukhnah memungkinan SAA untuk bergerak maju di provinsi Deir Ezzor, Suriah timur, yang sebagian besar dikuasai kawanan teroris ISIS.

Sebelumnya, SAA berhasil memasuki al-Sukhnah pada Sabtu sore setelah bertempur sengit di mana ratusan kombatan ISIS terpaksa kabur ke arah timur menuju Deir Ezzor.

Seorang komandan pasukan SAA mengatakan, “Tidak ada kawanan bersenjata ISIS di dalam kota sejak kemarin malam kecuali beberapa penembak jitu yang tersebar di sebagian bangunan sehingga pasukan pemerintahpun menangani mereka dan menjamin keamanan para ahli bahan peledak dalam penyisiran kota.”

Al-Sukhnah terletak di timur kota Palmyra (Tadmur) sejarak 70 km. Di situ ISIS sempat bertahan selama satu bulan melawan serangan darat dan udara.

Sementara itu, SAA juga bergerak maju lagi di sejumlah kawasan lain di bagian tengah dan utara negara ini dan mendekati provinsi Deir Ezzor. SOHR menyebutkan bahwa SAA mengalami “kemajuan signifikan” di arah selatan kota Raqqa di kawasan yang jaraknya kurang dari 4 kilometer dari a Ma’adan, kota terakhir yang dikuasai ISIS di provinsi Raqqa dan terletak di dekat perbatasan antara Deir Ezzor dan Raqqa.

ISIS menguasai  seluruh wilayah provinsi Deir Ezzor, kecuali bagian kecil kota Deir Ezzor yang dikepung ISIS sejak tahun 2015.

SAA melancarkan serangan di selatan Raqqa menuju Deir Ezzor secara terpisah dari serangan Pasukan Demokrasi Suriaf (SDF) yang merupakan aliansi milisi Kurdi dan Arab dalam operasi pembebasan kota Raqqa dari cengkraman ISIS. (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL