Aleppo, LiputanIslam.com –  Pasukan pemerintah Suriah berhasil membebaskan pangkalan udara al-Jarrah di provinsi Aleppo dari pendudukan kelompok teroris ISIS.

Sumber militer Suriah menyatakan kawanan teroris ISIS telah menyingkir dari pangkalan udara al-Jarrah, Kamis (9/3/2017), setelah mendapat gempuran pasukan Suriah untuk merebut kembali pangkalan ini.

“Tentara Suriah dan pasukan sekutunya telah melancarkan serangan masif ke pelabuhan udara hari dan berhasil menguasainya secara penuh setelah para anggira ISIS mundur di bawa gempuran artileri dan serangan udara yang menyebabkan tewas dan lukanya lebih dari 30 anggota ISIS,” ungkap sumber itu kepada DPA.

Belum ada laporan dari sumber resmi mengenai pembebasan pangkalan udara yang diduduki ISIS sejak Oktober 2014 tersebut.

Sumber ini menambahkan bahwa di hari yang sama tentara Suriah juga menguasai beberapa desa di sekitar pangkalan udara al-Jarrah dan memblokir jalur internasional antara Raqqah dan Aleppo, sementara Maskanah yang merupakan kota terbesar di bagian timur provinsi Aleppo secara militer juga berada dalam tekanan tentara Suriah yang hanya tinggal menunggu waktu untuk menguasainya.

Dia juga menjelaskan bahwa tentara Suriah sedang mengepung distrik Dayr Hafir di bagian timur provinsi Aleppo, dan jika mereka nanti dapat menguasai Maskanah dan distrik ini maka terbukalah jalan bagi mereka untuk bergerak menuju kota Tabqa yang merupakan markas pertama ISIS di provinsi Raqqah.

Pangkalan udara al-Jarrah terletak di jalur yang menghubungkan Dayr Hafir dengan Maskanah yang berjarak 60 km dari kota Aleppo. (mm/raialyoum/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL