Damaskus ,LiputanIslam.com –  Tentara Suriah yang didukung kelompok-kelompok bersenjata negara ini mulai melancarkan serangan masif untuk pembebasan kota Halfaya,25 kilometer barat laut kota Hama, provinsi Hama.

Sumber-sumber militer Suriah, Minggu (2/4/2017), menyatakan operasi militer itu dimulai pagi hari dan terjadi pertempuran di kawasan yang berjarak 1 kilometer selatan Halfaya.

Satuan-satuan pasukan artileri Suriah mengadakan persiapan untuk kemajuan pasukan darat menuju Halfaya yang menjadi salah satu markas terakhir teroris di provinsi Hama, karena para teroris dalam beberapa hari terakhir terdesak mundur oleh pasukan Suriah di banyak kawasan sekitar Halfaya.

Tentara Suriah juga terus mengejar para teroris yang mundur ke arah perbatasan provinsi Idlib, dan sebanyak lebih dari 16 desa dan daerah permukiman di kawasan ini telah disterilkan dari teroris dan bahan peledak mereka.

Sejak 21 Maret lalu kelompok-kelompok teroris Jabhat al-Nusra, Partai Islam Turkestan, Jaish al-Nasr, Jaish al-Izza, Abna al-Sham dan Pasukan Pembebasan Idlib melanggar gencatan senjata, menyerang posisi-posisi tentara Suriah, dan menduduki beberapa desa dan permukiman di kawasan utara dan barat laut Hama.

Menurut keterangan beberapa sumber, tak kurang dari 10,000 teroris terlibat dalam serangan ini, dan sejauh ini sebanyak lebih dari 1,200 orang di antara mereka tewas dalam pertempuran dengan tentara Suriah.

Tentara Suriah lantas mengerahkan pasukan dan perlengkapan militer besar-besar ke kawasan ini, dan sejauh ini beberapa desa dan perkampungan berhasil direbut kembali oleh tentara Suriah.

Kota Halfaya sendiri diduduki kawanan teroris dan pemberontak sejak Agustus 2016. (mm/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL