Syria army troops are seen in al-Qusayr town. (File photo)

Damaskus, LiputanIslam.com –  Tentara Suriah berhasil bergerak pesat dan menguasai sebagian wilayah kota al-Sukhnah di bagian timur provinsi Homs yang menjadi markas terakhir kawanan teroris takfiri ISIS, Kamis (27/7/2017). Perkembangan ini terjadi dalam pergerakannya menuju kedalaman wilayah provinsi Deir Ezzor , Suriah timur, yang sebagian besar masih dikuasai ISIS.

Tentara Suriah semula dilaporkan berhasil mengusai Perbukitan Hakimah dan mencapai kawasan sekitar sumur gas al-Sukhnah yang berjarak 2 kilometer dari kota al-Sukhnah di arah selatan.

Hal ini terjadi setelah tentara Suriah dan sekutunya melanjutkan operasi mereka di kawasan ladang al-Hail – al-Sukhnah dan berhasil mengembangkan kekuasaanya atas sejumlah titik dan Perbukitan al-Hakimah sehingga berada di lokasi sejarak 11 kilometer dari kota al-Sakhnah di arah barat daya.

Sumber militer menyebutkan bahwa dengan kemajuan ini tentara Suriah dapat mendekati Gunung al-Rabiat, dan pertempuran sengit  berlangsung di kawasan ini hingga menjatuhkan sejumlah korban tewas dan luka. Bersamaan dengan ini tentara Suriah juga mendekati kota al-Sukhnah dari arah timur ladang al-Hil hingga sejarak kurang dari 9 kilometer.

Sumber itu menambahkan bahwa tentara Suriah selanjutnya berhasil menguasai banyak bagian kota tersebut dan di sana mereka mulai melakukan operasi pembersihan ranjau dan bahan-bahan peledak aktif lainnya.

Tentara Suriah diduga akan segera mengumumkan keberhasilannya menguasai penuh kota strategis al-Sukhnah yang berjarak sekira 30 km dari perbatasan provinsi Deir Ezzor.

Di sisi lain, para aktivis Suriah menyebutkan bahwa didukung pasukan udara Rusia tentara Suriah telah mendekati markas ISIS di provinsi Homs sejarak 5 kilometer dan pertempuran hebat terpusat di jalur yang menghubungan al-Sukhnah dengan kota kuno Palmyra (Tadmur) yang berjarak 50 km dari al-Sukhnah.  (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL