Beirut, LiputanIslam.com –  Pasukan Arab Suriah (SAA) dan sekutunya, Kamis (24/8/2017), mengepung secara total kelompok teroris takfiri ISIS di kawasan Badiah di bagian tengah negara ini.

Lembaga Observatorium Suriah untuk HAM (SOHR) menyatakan bahwa pengepungan ini merupakan persiapan untuk pengusiran ISIS dari kawasan itu sebelum dimulainya perang penghabisan di provinsi Deir Ezzor di bagian timur Suriah.

Dengan dukungan Rusia, SAA memulai serangan militer secara meluas sejak Mei lalu untuk menguasai kawasan Badiah seluas 90,000 km persegi yang menghubungkan beberapa provinsi Suriah di bagian tengah dengan perbatasan Irak dan Yordania.

Rusia menyatakan bahwa penguasaan kembali provinsi Deir Ezzor yang kaya minyak dan berbatasan dengan Irak ini akan menyudahi riwayat ISIS di Suriah.

ISIS menguasai sebagian besar provinsi ini dan hanya sebagian kecil wilayah kota yang menggunakan nama yang sama masih dikuasai oleh SAA dan terkepung oleh ISIS sejak 2015.

SOHR melaporkan bahwa “SAA berhasil mewujudkan kemajuan strategis untuk melakukan kepungan terbesarnya terhadap ISIS” di Badiah, terutama provinsi Homs.  (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL