Damaskus, LiputanIslam.com –  Pasukan Arab Suriah (SAA) dan kelompok-kelompok bersenjata sekutunya mengepung kelompok teroris takfiri ISIS di kawasan luas yang membentang di bagian timur provinsi Homs dan Hama.  Bersamaan dengan ini serangan udara koalisi internasional kembali merenggut puluhan korban jiwa warga sipil di kota Raqqa.

Sumber-sumber lapangan Jumat (18/8/2017) melaporkan bahwa SAA dan sekutunya yang bergerak di dua poros timur provinsi Homs dan Hama telah bertemu satu sama lain sehingga kelompok teroris ISIS terkepung di kawasan luas di bagian timur dua provinsi ini.

Pangkalan terpenting ISIS yang terkepung di kawasan ini berada di kawasan Aqirabat di timur kota Salmiyah di bagian timur provinsi Hama. Dengan demikian SAA berhasil memutus hubungan pasukan ISIS di provinsi Deir Ezzor dengan pasukan ISIS di Aqirabat dan beberapa kawasan lain di bagian timur dua provinsi tersebut. ISIS sudah berusaha mati-matian memecah kepungan tapi sia-sia dan dapat dipatah oleh SAA.

Sumber-sumber di lapangan mengatakan bahwa satuan-satuan SAA dan sekutunya telah melancarkan operasi militer secara cermat, cepat dan dengan taktik yang tepat di timur kota Salmiyah yang berjarak 13 kilometer dari jalan raya Athriya – Tuwinan- al-Karim, serta membebaskan beberapa dataran tinggi di sekitarnya.

Dalam operasi militer ini beberapa teroris, termasuk satu warga negara Indonesia dan satu warga negara Irak, tewas, sementara beberapa lainnya kabur ke wilayah pendalaman Badia.

Sementara itu, serangan udara pasukan koalisi internasional pimpinan Amerika Serikat (AS) di kota Raqqa kembali menewaskan dan melukai banyak korban sipil.

Sumber-sumber lokal menyebutkan bahwa jet-jet tempur pasukan koalisi internasional dan artileri Pasukan Demokrasi Suriah (SDF) yang didukung koalisi internasional telah melancarkan serangan masif di sejumlah kawasan kota tersebut untuk menekan ISIS.

Namun, serangan udara koalisi internasional ke kawasan al-Tausi’iyyah malah menewaskan 23 warga sipil, tiga di antaranya anak kecil, serta melukai beberapa warga lainnya, sedangkan serangan artileri SDF di beberapa area di kota lama Raqqa juga menewaskan sejumlah warga sipil. (mm/sana/skynews)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL