Damaskus, LiputanIslam.com –  Tentara Suriah memperkuat posisinya di bagian utara provinsi Hama dan menggempur beberapa markas dan lokasi pergerakan kelompok teroris Jabhat al-Nusra dan gerombolan-gerombolan teroris lain sekutunya di kawasan tersebut.

Dalam serangan itu tentara Suriah berhasil menghancurkan 29 unit mobil dari berbagai jenis, tiga gudang amunisi, dan tiga tank serta menjatuhkan ratusan korban tewas dan luka di pihak teroris.  Situs berita Al-Alam milik Iran menyebutkan beberapa nama teroris yang tewas dan berasal dari tiga negara, yaitu Tunisia, Saudi, Turkestan.

Tentara Suriah menggempur markas Jabhat al-Nusra dengan rudal di kota Talbisa, provinsi Homs utara, hingga jatuh korban tewas dan luka pada orang-orang yang ada di dalamnya.

Tentara Suriah juga menyasar beberapa markas dan lokasi pergerakan Jabnat al-Nusra di Daraa, menewaskan puluhan teroris, dan menghancurkan empat tank, termasuk tank jenis BMP, empat senjata artileri, satu peluncur roket, dan enam mobil bersenapan otomatis kelas menengah.

Tentara Suriah bergerak maju sejauh 400 meter di dalam kawasan yang dikuasai Jabhat al-Nusra di kawasan Dahr al-Aswad menuju Maghr al-Mir di daerah gunung al-Syeikh, bagian barat daya provinsi Damaskus.

Di hari yang sama, tentara Suriah dan sekutunya juga mengalami kemajuansignifikan  di wilayah selatan kota Deir al-Zor, menguasai beberapa posisi ISIS dan menjatuhkan banyak korban tewas dan luka di pihak kelompok teroris ini. Satu di antara teroris yang tewas adalah petinggi lapangan ISIS bernama Abu Eham al-Misri.

Laporan lain dari Ray al-Youm menyebutkan tentara Suriah dan sekutunya berhasil merebut ladang minyak al-Shair di bagian timur provinsi Homs dari tangan ISIS yang menguasainya sejak tiga tahun lalu.

Tentara Suriah dan Rusia menguasai jalan yang menghubungkan kota Palmyra (Tadmur) dengan Abqariyat di bagian timur luat provinsi Homs sehingga memudahkan gerak maju mereka menuju kawasan timur laut provinsi ini. (mm/alalam/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL