Damaskus, LiputanIslam.com –  Sumber militer Suriah, Rabu (24/5/2017), melaporkan Abu Musab al-Misri yang dikenal sebagai menteri perang kelompok teroris ISIS tewas  terkena serangan tentara Suriah dalam operasi pembebasan lanud al-Jarrah dan pemulihan keamanan dan stabilitas sejumlah desa dan distrik di bagian timur provinsi Aleppo.

Sumber itu menjelaskan bahwa operasi ini telah menewaskan dan melukai lebih dari 3000 teroris ISIS serta menghancurkan 19 tank, 5 ampibi BMP, 11 bom mobil, 6 senjata artileri, 9 gudang amunisi, 2 markas komunikasi dan operasi, dan 61 markas komando lapangan.

Beberapa tokoh ISIS lain yang bertugas di Aleppo timur juga tewas dalam operasi ini. Mereka antara lain Abu Udai al-Iraqi (komandan pasukan asal Irak), Mahmud Abdul Jabbar bin Hissan alias Abu al-Walid al-Tunisi (hakim tinggi asal Tunisia), Ubadah Salim al-Dabul (amir Daisi Faraj asal Saudi), Abdurrahman Mutawi’ al-Dakhil (amir al-Thughur asal Saudi), dan Abdullah Mohammad Samih al-Kasri (tokoh besar ISIS asal Saudi).

Sumber itu juga mengatakan bahwa Pasukan Arab Suriah (SAA) berhasil menggagalkan serbuan ISIS ke kawasan Tel Maraghah timur di kawasan Athriya – Khanasir serta menghabisi sejumlah besar teroris dan menyita satu mobil pengangkut amunisi ISIS.

Observatorium Suriah untuk HAM menyatakan sedikitnya enam tentara Suriah dan milisi pendukungnya terbunuh dan beberapa lainnya luka-luka dalam pertempuran antara SAA dan ISIS di jalur Aleppo – Kanasir – Athriya di bagian timur provinsi Aleppo. Pertempuran ini terjadi menyusul serangan ISIS terhadap beberapa titik lokasi dan pos SAA di jalur Khanasir di mana sejumlah anggota ISIS juga tewas. (mm/sana/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL