Damaskus, LiputanIslam.com –  Pasukan Arab Suriah (SAA) melanjutkan gerak majunya serta mengepung dan menggempur kantung-kantung terakhir kelompok teroris ISIS di sekitar perbukitan al-Safa di kawasan Badiah Suwaida, Kamis (16/8/2018).

Kantor berita Sputnik milik Rusia melaporkan bahwa dalam aksi ini SAA menghujani posisi-posisi ISIS secara intensif dengan mortir dan roket serta serangan udara hingga menewaskan puluhan teroris dan menghancurkan banyak senjata dan peralatan tempur ISIS, termasuk satu unit truk yang membawa amunisi.

ISIS berusaha memecah kepungan dengan mengerahkan para penembak jitu dan penyerang bunuh diri untuk menyerang tentara Suriah di beberapa titik, namun semua upaya itu berhasil dipatahkan oleh SAA hingga sebanyak 20 anggota ISIS tewas.

Dalam beberapa hari terakhir SAA berhasil memperkuat posisi-posisinya hingga dapat mengepung ISIS di sebuah kawasan kecil di perbatasan antara provinsi Suwaida dan provinsi Damaskus, serta melanjutkan gempuran ke markas-markas ISIS dari kawasan al-Bark yang mengitari Perbukitan al-Safa serta kawasan Qabr Syeikh al-Hussein  dan kawasan al-Habariyah yang berhasil dibebaskan pada Senin lalu.

Pada 25 Juli lalu ISIS melancarkan serangan besar-besaran ke kota Suwaida dan sejumlah desa di provinsi Suwaida. Dalam serangan ini mereka membantai 215 warga sipil, melukai 175 orang lainnya, dan menculik puluhan warga sipil yang sebagian besarnya adalah perempuan. (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*