Beirut, LiputanIslam.com –  Sedikitnya 25 anggota kelompok teroris takfiri ISIS tewas dalam operasi air drop Pasukan Arab Suriah (SAA) yang didukung Angkatan Udara Rusia di bagian tengah Suriah, Sabtu (12/7/201). Demikian dilaporkan Observatorium Suriah untuk HAM (SOHR), Minggu (13/7/2017).

Disebutkan bahwa SAA sejak Mei lalu melancarkan serangan militer besar-besaran di kawasan al-Badia seluas 90,000 km persegi yang menghubungkan bagian tengah negara ini dengan perbatasan Irak dan Yordania.

Beberapa hari lalu SAA berhasil menguasai kota al-Sukhnah yang menjadi basis terakhir ISIS di provinsi Homs di kedalaman wilayah al-Badia.

SOHR melaporkan “sedikitnya 25 anasir organisasi Negara Islam (ISIS) tewas dan beberapa lainnya luka-luka dalam operasi air drop yang dilakukan oleh pasukan pemerintah dengan dukungan udara helikopter dan jet tempur Rusia” di ujung timur laut provinsi Homs dekat perbatasan administratif dengan dua provinsi Deir Ezzor (timur) dan Raqqa (utara).

SORH juga menyebutkan enam orang juga terbunuh di pihak SAA dan kelompok bersenjata pendukungnya.

Operasi air drop dilancarkan untuk memperketat tekanan terhadap ISIS di bagian timur laut provinsi Homs. Operasi ini dibarengi dengan kontak senjata dan serangan udara secara masif oleh jet tempur dan helikopter Rusia terhadap ISIS yang terjebak di puluhan desa yang tersebar dari bagian timur provinsi Homs.

Direktur Eksekutif SOHR Rami Abdulrahman menjelaskan bahwa SAA berhasil menguasai kawasan yang tersisa di antara pasukannya yang bergerak maju dari arah perbatasan Raqqa dan Deir Ezzor di satu sisi dan pasukannya yang berada di utara kota al-Sukhnah” di bagian timur laut provinsi Homs.

Kentor berita Suriah, SANA, mengutip keterangan sumber militer bahwa SAA melancarkan operasi air drop “kedalaman 20 kilometer di belakang garis pertahanan kelompok teroris ISIS di selatan kota kecil al-Kadir di perbatasan adimistratif Raqqa dan Homs.”

Menurut SOHR, dalam operasi ini SAA berhasil menguasai tiga desa di kedalaman wilayah al-Badia. (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL