Damaskus, LiputanIslam.com –   Pasukan Arab Suriah (SAA) dan sekutunya mengalami kemajuan pesat dalam pergerakannya menuju kota Deir Ezzor di bagian timur negara ini. SAA sudah berada di lokasi yang berjarak kurang dari 10 kilometer dari Pangkalan Militer 137 milik SAA yang dikepung oleh pasukan teroris ISIS dari semua arah di pinggiran kota Deir Ezzor, Senin (4/9/2017).

Sumber-sumber militer mengatakan bahwa SAA memasuki kawasan sekitar Deir Ezzor dari arah utara dengan dukungan Angkatan Udara Rusia, dan mereka akan memasuki kota ini dari dua arah, yaitu dari jalur al-Sukhnah – Deir Ezzor dan jalur Batar al-Turaifawi dan Ain Qasibah.

Warga kota Deir Ezzo segera bersuka ria setelah mendengar kabar tibanya SAA ke kawasan sekitar kota. Beberapa aktivis Suriah telah mengunggah rekaman video suka ria warga yang sudah sekian tahun dikepung oleh ISIS tersebut.

SAA berhasil merebut ladang al-Kharatah di pinggiran utara Deir Ezzor barat, dan jarak yang memisahkan antara antara SAA yang berada di barat dan yang berada di timur kota ini sudah tinggal 8 kilometer.

Seperti diketahui, ISIS menduduki sebagian besar kawasan provinsi Deir Ezzor serta mengepung sebagian anggota SAA yang berada di sebagian kecil wilayah di sana dan warga yang tinggal di beberapa kawasan kota Deir Ezzor sejak tahun 2015.

Di pihak lain, ISIS mengumumkan mobilisasi umum di provinsi Deir Ezzor menyusul terjadinya perkembangan baru ini, dan terjadi kontak senjata sengit antara SAA dan ISIS di distrik al-Rasyidiyah di dalam kota Deir Ezzor.

Mengomentari perkembangan ini, Gubernur Deir Ezzor Mohammad Ibrahim Samrah memperkirakan SAA akan dapat memasuki Deir Ezzor dalam jangka waktu 48 jam ke depan.

Sebelumnya, SAA dan sekutunya berhasil menguasai penuh kota kecil Uqairabat di pinggiran provinsi Hama, dan mengumumkan bahwa sejak saat itu eksistensi ISIS sudah berakhir di provinsi Hama.  (mm/ arabitoday)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL