Harasta, LiputanIslam.com –  Pasukan Arab Suriah (SAA) sudah mendekati kemenangannya dalam operasi militer penumpasan kelompok-kelompok bersenjata di Ghouta Timur bersamaan dengan terus mengalirnya warga sipil dari salah satu kota dan kesiapan kawanan bersenjata untuk menyerah di kota lain, Kamis (22/3/2018).

TV Suriah melaporkan bahwa sejak Rabu lalu (21/3/2018) sebanyak lebih dari 6000 orang telah keluar dari kota Douma, kota terbesar yang semula dikuasai oleh militan oposisi.  Mereka keluar melintasi perbatasan menuju kawasan yang dikuasai pemerintah.

Dengan adanya rencana kelompok Ahrar al-Sham untuk menyerah di kota Harasta maka tak ada lagi kota di Ghouta Timur yang dikuasai oleh kawanan bersenjata kecuali Douma dan satu kantung lain yang mencakup Jobar, Ein Tarma, Arbin, dan Zamalka.

Kawasan yang tersisa itupun diperkirakan akan jatuh ke tangan SAA, dan dengan demikian akan menjadi kemenangan terbesar Presiden Suriah Bashar al-Assad atas kubu oposisi sejak keberhasilan SAA merebut  Aleppo di penghujung tahun 2016.

Seorang perwira SAA dalam wawancara dengan TV resmi Suriah mengimbau kepada oposisi yang belum berunding agar segera berunding untuk menyerah.

“Siapa yang ingin menyerah dan kembali ke pangkuan tanah air maka silakan, sedangkan siapa yang ingin mati maka kematianlah baginya,” tegas perwira itu.

Kesepakatan kawanan bersenjata di Harasta untuk menyerah merupakan yang pertama kalinya di Ghouta Timur, dan mulai diterapkan sejak Kamis kemarin dengan pertukaran tawanan. Dalam wawancara dengan TV pemerintah, seorang tentara Suriah menangis haru dan bersyukur atas pembebasannya.

Seorang saksi mata mengatakan bahwa SAA telah menyingkirkan penghalang di kawasan yang semula menjadi front pertempuran agar dapat dilintasi konvoi bus.

Kelompok Jaish al-Islam yang bercokol di Harasta mengaku akan terus melawan meskipun SAA yang sudah lebih dari satu bulan menggelar operasi militer telah menguasai setidaknya 70% wilayah Ghouta Timur. (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL