Damaskus, LiputanIslam.com –  Kelompok teroris Hayat Tahrir Shams alias Jabhat Al-Nusra yang merupakan cabang kelompok teroris Al-Qaeda di Suriah mempublikasi rekaman video pemimpinnya, Abu Mohammad Al-Golani, saat mengadakan pertemuan darurat dengan sejumlah petinggi teroris Al-Nusra di kota Idlib untuk membahas perkembangan situasi terbaru di sekitar kota ini.

Mereka mengadakan pertemuan di sebuah markas mereka dan terlihat di depan mereka sebuah peta besar provinsi Idlib dan Hama, dan di peta itu terlihat kawasan luas yang dikuasai oleh pasukan pemerintah Suriah.

Pertemuan ini terjadi menyusul keberhasilan pasukan Suriah dan sekutunya mencapai kemajuan besar di sekitar Idlib dan Hama dalam beberapa hari terakhir dan bahkan bergerak menuju pelabuhan udara militer Abu Al-Duhur yang dikuasai oleh kelompok pemberontak Suriah sejak September 2015.

Dengan dukungan Iran dan pasukan udara Rusia, tentara Suriah juga berhasil merebut berbagai kawasan di timur laut provinsi Hama dan provinsi Idlib melalui operasi militer yang dimulai sejak Oktober 2017.

Lembaga Obervatorium Suriah untuk HAM melaporkan tentara Suriah mengusai lebih dari 95 desa di Hama dan Idlib sejak 22 Oktober, dan menguasai 60 desa di Idlib melalui operasi yang berlangsung hanya dalam 14 hari terakhir.

Sementara itu, jumlah korban tewas akibat ledakan bom mobil yang menerjang markas kelompok Pasukan Kaukasus di kota Idlib pada Minggu malam lalu bertambah dari 23 menjadi  sedikitnya 43 orang yang sebagian besar adalah kawanan bersenjata.  Hingga kini belum jelas pihak manakah yang melancarkan serangan tersebut. (mm/rayalyoum/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*