ledakan di palmyraMoskow, LiputanIslam.com –   Kementerian Pertahanan Rusia, Kamis (15/12/2016), menyatakan bahwa tentara Suriah yang didukung pasukan Rusia sedang mempersiapkan diri untuk melancarkan serangan balik terhadap kawanan teroris takfiri ISIS di kota Palmyra (Tadmur).

Wakil Pertama Kepala Departemen Operasi Utama pada Staf Umum Angkatan Bersenjata Rusia, Letjen Viktor Poznikhir, dalam keterangan pers singkatnya menyebutkan, “Tentara Suriah yang didukung Angkatan Udara Rusia telah memperkuat posisi di sekitar kota Palmyra, dan  menahan beberapa serangan kawanan bersenjata ISIS.”

Dia menambahkan, “Dewasa ini garis pertahanan bergerak di dekat kota Tyas dan pangkalan udara Tifur, sementara Rusia membantu para komandan militer Suriah mempersiapkan serangan balik ke Palmyra.”

ISIS melancarkan serangan besar-besaran ke Palmyra pada 9 Desember lalu dan berhasil menguasainya lagi pada 11 Desember setelah bertempur sengit dengan tentara Suriah.

Palmyra jatuh lagi ke tangan ISIS setelah tentara Suriah berhasil membebaskannya pada 27 Maret lalu.

Presiden Suriah Bashar al-Assad menilai serangan ISIS itu sebagai upaya memecah konsentrasi pasukan Suriah di Aleppo agar kota ini tak jadi lepas dari cengkraman kawanan bersenjata. (mm/rt)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL