Beirut, LiputanIslam.com –  Pasukan Arab Suriah (SAA) berhasil bergerak maju menggempur kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di sejumlah titik kawasan sahara Badian Suriah di bagian tengah negara ini setelah sekian Minggu mendapat serangan beruntun dari teroris.

“Sejak beberapa hari lalu pasukan pemerintah melancarkan serangan balik ke posisi-posisi para jihadis di Badiah Suriah, terutama kawasan di timur kota Palmyra (Tadmur) di bagian timur provinsi Homs,” ungkap Direktur Eksekutif Observatorium Suriah untuk HAM, Rami Abdulrahman, Rabu (20/5/2018).

Dia menambahkan bahwa dalam gerak maju itu SAA berhasil menguasai daerah Hamimah di dekat perbatasan antara provinsi Homs (tengah) dan provinsi Deir Ezzor (timur).

“Jet tempur Rusia memberikan dukungan secara terbatas dalam operasi di kawasan itu,” lanjutnya.

ISIS masis menguasai kawasan luas di timur Palmyra, dan banyak anggotanya bersembunyi di kawasan gurun yang membentang hingga selatan kota Abu Kamal di bagian timur provinsi Deir Ezzor.

Kantor berita Suriah, SANA, melansir pernyataan sumber militer yang membenarkan adanya pergerakan maju SAA di kawasan Badiah Suriah.

Sumber anonim itu mengatakan, “Satuan-satuan SAA terus melanjutkan operasi militernya terhadap kawanan teroris ISIS di Badiah Suriah di timur Tadmur.”

Dia menambahkan bahwa SAA berhasil menguasai kawasan seluas 25000 kilometer persegi dan mencapai wilayah perbatasan Irak-Suriah.

Kawasan gurun menjadi tempat paling nyaman bagi para teroris untuk bersembunyi dan menyerang setelah mereka kalah perang dan kini bercokol hanya di sekira 3% wilayah Suriah dengan posisi-posisi yang terpencar di antara Badiah Suriah, bagian timur provinsi Deir Ezzor, dan bagian selatan negara ini. (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*