Damaskus, LiputanIslam.com –  Tentara Suriah, Jumat (14/7/2017), terus bergerak maju di provinsi Raqqa dan berhasil membebaskan beberapa daerah dan posisi dari cengkraman kelompok teroris ISIS dalam upaya mengepung sejumlah besar kawanan teroris besar ini.

Pusat Media Perang Suriah melaporkan bahwa pasukan pemerintah Suriah telah memperkuat kekuasaannya atas Haql Kadir di selatan Bi’r Al-Zanati dan Khirbah al-Halul di timurnya, di selatan kota kuno al-Rasafah di bagian selatan provinsi Raqqa setelah terlibat kontak senjata sengit yang menewaskan sejumlah korban tewas dan luka di pihak teroris.

Para aktivis Suriah menyebutkan bahwa tentara negara ini telah bergerak maju di Raqqa selatan dan dari provinsi ini mereka masuk untuk pertama kalinya ke daerah perbatasan administrasi provinsi Homs.

Para aktivis ini menjelaskan bahwa jika tentara Suriah dapat bergerak maju sejauh 70 km ke arah selatan mulai dari perbatasan Homs-Raqqa hingga kawasan Haql al-Hil maka mereka akan dapat mengepung secara total kawasan yang diduduki ISIS seluas lebih dari 11,000 km persegi di tiga provinsi Homs, Hama, dan Raqqa, dan pada gilirannya tidak ada pilihan bagi ISIS kecuali menyerah atau bertempur hingga titik darah penghabisan.

Sementara itu, tentara Suriah juga terus bergerak maju di bagian timur provinsi Hama dan berhasil merebut kembali kawasan pertanian dan daerah perbukitan Kujan di selatan distrik al-Sa’an. Hal ini terjadi bersamaan dengan serangkaian serangan udara Suriah terhadap pergerakan dan basis-basis teroris di berbagai wilayah lain Hama, Homs, Raqqa, dan Deir Ezzor hingga menewaskan dan melukai banyak teroris dan menghancurkan peratalan tempur mereka.

Di pihak lain, kelompok teroris Jabhat al-Nusra justru terlibat pertempuran hebat dengan kelompok teroris Jaish al-Islam dan Ahrar Sham di Ghota Timur Damaskus, dan di provinsi Idlib.

Pihak oposisi Suriah menyebutkan bahwa kawanan bersenjata Hayat Tahrir Sham alias Jabhat al-Nusra telah melancarkan serangan sengit terhadap posisi-posisi Jaish al-Islam di Ghouta Timur dan Ahrar Sham di Idlib.

Pertempuran sesama kelompok teroris ini kembali berkobar sejak satu minggu lalu dan telah menjatuhkan puluhan korban tewas dan luka di antara mereka. (mm/rt/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL