Damaskus, LiputanIslam.com –   Pasukan Arab Suriah (SAA) berhasil menguasai kota kecil Uqairabat di bagian timur provinsi Hama melalui pertempuran yang menjatuhkan sejumlah korban tewas dan luka di pihak musuhnya, kelompok teroris takfiri ISIS, Jumat (1/9/2017).

Tentara Suriah juga terus menekan ISIS yang terkepung di bagian timur provinsi Hama dan Homs. Uqairabat sebelumnya merupakan basis ISIS di kawasan ini untuk menyerang posisi-posisi SAA di bagian timur Hama dan jalur Aleppo-Hama.

Sumber militer Suriah mengatakan, “Sekira 500 warga sipil telah kabur dari Uqairabat menuju Wadi al-Sayyid di kawasan Wadi al-Uzaib di barat laut Uqairabat yang masih dikuasai ISIS, tapi tujuan mereka adalah kawasan yang dikuasai tentara Suriah.”

Sumber ini menambahkan bahwa jumlah warga sipil yang masih berada di Uqairabat sekira 10,000 orang.

Sementara itu, pasukan koalisi internasional pimpinan Amerika Serikat di hari yang sama mengakui bahwa selama bulan Juli lalu sebanyak 61 warga sipil terbunuh akibat serangan udara dan artileri pasukan ini di Irak dan Suriah.

Koalisi internasional juga menyatakan sebanyak 685 warga sipil tewas akibat serangan pasukan ini di Suriah dan Irak sejak 2014.

Di pihak lain, berbagai lembaga peduli HAM sebelumnya melaporkan bahwa jumlah warga sipil yang terbunuh akibat serangan koalisi internasional jauh lebih besar daripada jumlah yang diklaim pasukan ini. (mm/alalam/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL