Damaskus, LiputanIslam.com –  Mesin peluncur roket terkuat buatan Suriah yang dinamai “Golan 1000” dilaporkan sedang dalam proses untuk dioperasikan dalam pertempuran.

Menurut laporan Sputnik milik Rusia, Kamis (23/8/2018), “Golan 1000” tergolong peluncur roket terkuat di dunia, dan pernah dipamerkan oleh Pasukan Arab Suriah (SAA) beberapa bulan lalu, namun sama sekali belum pernah dioperasikan dalam operasi militer karena faktor yang diduga belum selesai disiapkan.

Suriah sebenarnya dapat membuat peluncur roket ini dalam waktu singkat. Namun, menurut para pakar, negara yang dilanda krisis pemberontakan dan terorisme sejak 2011 ini mendapat kesulitan dalam memroduksi roket yang cocok dengan mesin ini.

Disebutkan bahwa meskipun Suriah memiliki banyak pengalaman dalam produksi roket untuk peluncur-peluncur lain semisal Grad, tapi tak mungkin negara ini dapat membuat roket berdiameter 500 mm yang beratnya mencapai setengah ton dalam hitungan berapa bulan. Pembuatan roket demikian memerlukan waktu yang terkadang bertahun-tahun.

Meski demikian, ada harapan Golan 1000 akan segera siap dioperasikan, sebab SAA diketahui sangat tekun mengupayakannya.  (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*