tentara mesirRafah, LiputanIslam.com – Tentara Mesir menembak mati satu pemuda Palestina di perbatasan Farah antara Mesir dan Jalur Gaza, Jumat malam (2/1/2015).
Para saksi mata mengatakan kepada kantor berita Palestina Ma’an bahwa pasukan penjaga perbatasan Mesir telah melepaskan tembakan terhadap empat pemuda Palestina di kawasan permukiman al-Salam, mengakibatkan satu di antara meninggal dunia, sementara tiga lainnya ditangkap..

Juru bicara Departemen Kesehatan Palestina di Gaza Ashraf al-Qidra mengatakan bahwa pemuda Palestina berusia 23 tahun itu ditembak mati kemudian dilarikan ke rumah sakit Abu Yusif al-Najjar di Rafah.

Hingga kini belum jelas motiv penembakan terhadap para pemuda Palestina tersebut.

Seperti diketahui, Mesir dan Israel bersama-sama mempertahankan blokadenya terhadap Jalur Gaza dengan tetap menutup pintu perbatasan Rafah dan jarang sekali membukanya sehingga sangat membatasi perdagangan dan mobilitas penduduk di Jalur Gaza.

Perjanjian gencatan senjata antara Israel dan para pejuang Palestina diharapkan dapat membuka pintu perbatasan Rafah secara bertahap.

Namun demikian, serangan militan di kawasan Gurun Sinai yang menewaskan 33 tentara Mesir menimbulkan ketegangan baru dan terjadinya ekspansi zona penyangga yang bahkan menggusur dan membuat sebanyak 1,200 rumah akan diratakan dengan tanah di kawasan perbatasan antara antara Mesir dan Jalur Gaza. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*