lebanese_army_feb2014Beirut, LiputanIslam.com – Pusat komando angkatan bersenjata Lebanon Senin (27/10) merilis statemen menyatakan bahwa sebanyak 162 teroris berhasil ditangkap dalam peristiwa kontak senjata yang bermula sejak Jumat lalu (24/10) antara kawanan bersenjata dan tentara Lebanon di Tripoli, Lebanon utara.

Sebagaimana dilansir situs pemberitaan Alahednews, pusat komando angkatan bersenjata Lebanon menyatakan telah memperkuat satuan-satuan personilnya yang ditempatkan di kawasan Bab al-Tabanah dan semua kawasan Tripoli yang belakangan menjadi ajang kontak senjata antara tentara Lebanon dan kelompok-kelompok teroris.

Tentara Lebanon juga menggelar operasi masif di kawasan Akkar untuk mengejar dan membekuk kawanan bersenjata yang kabur setelah beberapa lama terlibat kontak senjata. Dalam operasi pemburuan dan pengejaran sejak Jumat lalu sampai sekarang tentara Lebanon berhasil meringkus sebanyak 162 teroris.

Sementara itu, sumber-sumber rumah sakit Lebanon menyebutkan bahwa sebanyak 20 orang yang terdiri dari tentara dan warga sipil Lebanon terbunuh dalam kontak senjata selama empat hari melawan teroris di bagian utara negara ini.

Laporan lain menyebutkan bahwa meskipun tentara Lebanon terlibat pertempuran dengan kelompok teroris takfiri Front al-Nusra dan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di bagian utara Lebanon, namun mereka ternyata tetap tajam mewaspadai keadaan di bagian selatan negara ini.

Kantor berita Lebanon, NNA, melaporkan bahwa tentara negara ini berhasil mendeteksi dan mengungkap rencana kawanan teroris takfiri untuk komplek Sayyidah Zahra pada hari-hari peringatan tragedi Asyura.

Menurut NNA, Senin sore kemarin tentara Lebanon telah menggerebek rumah seorang ekstrimis bernama Anwar Alagha di kawasan Bab al-Sarai, Sidon, Lebanon selatan. Di situ tentara Lebanon berhasil menemukan dan menyita sejumlah besar amunisi dan perlengkapan militer yang diduga akan digunakan untuk melancarkan serangan terhadap warga Syiah di hari-hari peringatan tragedi Asyura di komplek Sayyidah Zahra dan markas tentara Lebanon di Sidon. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL