arsal-map lebanonBeirut, LiputanIslam.com – Tentara Lebanon dilaporkan telah menangkap ratusan warganya sendiri dan warga negara Suriah yang diduga sebagai anggota kelompok teroris takfiri Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dan kelompok Front al-Nusra yang merupakan cabang al-Qaeda di Suriah.

Berbagai media Lebanon menyebutkan bahwa penangkapan itu dilakukan dalam sebuah sebuah operasi penggerebekan yang dimulai sejak Kamis dini hari kemarin (25/9) terhadap beberapa kamp pengungsi Suriah di distrik Arsal dan kawasan sekitarnya di bagian timur Lebanon.

Ratusan orang itu diduga terlibat dalam serangan kawanan teroris ke distrik Arsal yang disusul dengan aksi pendudukan terhadapnya selama lima hari pada awal-awal Agustus lalu.

Sumber-sumber keamanan Lebanon menyatakan mereka ditangkap demi mencegah terulangnya kembali serbuan ISIS dan Front al-Nusra ke kawasan permukiman Arsal dan upaya mereka menjadikan kawasan ini sebagai pangkalan operasi mereka.

Dalam operasi penggerebekan itu tentara Lebanon terpaksa menembak beberapa anggota teroris di kamp al-Bunyan al-Sabi’ karena berusaha kabur. Akibatnya, satu orang tewas dan dua lainnya cidera dan diserahkan kepada aparat untuk menjalani pemeriksaan.
Sebelum berusaha kabur, mereka sempat melepaskan tembakan ke arah tentara Lebanon. Ada pula beberapa orang yang berhasil kabur dari kamp pengungsi namun tertangkap di pos pemeriksaan kawasan Wadi Hamid.

Menanggapi peristiwa ini, Front al-Nusra mengancam akan kembali melancarkan serangan ke Lebanon.
Beberapa warga yang tinggal di pengungsian juga menggelar unjuk rasa di depan gedung administrasi Arsal sambil membawa bendera dan atribut-atribut ISIS.

Operasi penangkapan itu juga mendapat reaksi protes dari organisasi Dewan Ulama Muslim Lebanon yang terdiri atas para ulama Salafi/Wahabi. Mereka segera menggelar rapat dan mengeluarkan statemen berisikan desakan kepada tentara Lebanon supaya menghentikan operasi penangkapan. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL