Beirut, LiputanIslam.com –  Tentara Lebanon menggempur markas-markas kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di kawasan Ras Baalbek, Lebanon timur, hingga menjatuhkan beberapa korban luka di pihak teroris, Sabtu (5/8/2017).

Tentara Lebanon dalam statamennya menyatakan, “Satuan-satuan tentara Lebanon telah menggempur ISIS di kawasan pedalaman Ras Baalbek dengan roket dan senjata artileri berat hingga menghancurkan sejumlah kubu pertahanan dan peralatan serta menjatuhkan korban luka parah di barisan teroris.”

Serangan militer Lebanon ini berlanjut hingga Minggu pagi (6/8/2017).

Sebelumnya, pemimpin kelompok pejuang Hizbullah Lebanon Sayyid Hassan Nasrallah menyatakan bahwa dengan koordinasi tentara Lebanon pihaknya akan menyerang dan mengalahkan ISIS sebagaimana Hizbullah telah mengalahkan kelompok teroris Jabhat al-Nusra.

Ancaman serupa terhadap ISIS juga dilontarkan oleh Ketua Badan Keamanan Lebanon, Abbas Ibrahim, dengan menegaskan bahwa jika ISIS menolak negosiasi mengenai penarikan kawanan teroris ini dari Lebanon maka mereka akan mengalami nasib seperti yang dialami oleh Jabhat al-Nusra.

ISIS sejak tiga tahun silam bercokol di kawasan seluas 200 kilometer persegi di dataran tinggi Ras Baalbek dan al-Qa’ yang terletak di wilayah perbatasan Lebanon-Suriah.  Sedangkan Jabhat al-Nusra sudah terusir dari kawasan Arsal ke provinsi Idlib, Suriah, belum lama ini setelah digempur dan dikalahkan oleh milisi Hizbullah dalam pertempuran yang berlangsung tidak sampai satu minggu. (mm/rayalyoum/almanar)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL