Lebanon, France finalize $3 billion arms dealBeirut, LiputanIslam.com – Tentara Lebanon mengaku berhasil membunuh Sami al-Atrash yang disebutnya sebagai “teroris berbahaya” di kota Arsal yang berbatasan dengan Lembah Beka. Sami al-Atrash diduga sebagai otak banyak serangan bom mobil di Beirut dan berbagai wilayah Lebanon lainnya.

“Sesuai hasil investigasi, Direktorat Intelijen berhasil mengidentifikasi keberadaan teroris berbahaya, Sami al-Atrash, di kota Arsal,” ungkap tentara Lebanon dalam statemennya yang dirilis Kamis (27/03). Statemen itu menyebutkan bahwa al-Atrash menderita luka kritis ketika diburu oleh pasukan patroli Lebanon dan kemudian meregang nyawa di rumah sakit.

“Al-Atrash menembaki pasukan patroli yang sedang melakukan operasi razia di lokasi peristiwa sehingga dibalas tembakan serupa. Dia mati akibat luka yang dideritanya dalam kontak senjata,” jelas tentara Lebanon.

Dia adalah adalah orang paling dicari dan namanya tercantum dalam daftar buronan aparat keamanan Lebanon karena diduga sebagai otak berbagai aksi serangan dan kejahatan terhadap penduduk dan pasukan Lebanon. Tentara Lebanon menyatakan, “Teroris yang tewas itu adalah buronan yang dinyatakan terlibat dalam penyediaan bom mobil, penembakan roket dan mortir ke beberapa desa dan kota Lebanon, penculikan warga sipil, pembunuhan empat warga Wadi Rafeq di Arsal dan sejumlah tentara di Wadi Hmayyed di Arsal, serta rencana pembunuhan seorang perwira dengan bahan peledak.”

Tentara Lebanon juga berhasil meringkus seorang tokoh militan yang menjadi buronan Suriah ketika berusaha kabur dari Arsal. Tokoh itu berasal dari sebuah kelompok yang terkait dengan jaringan teroris al-Qaeda.  Selain itu, lebih dari 40 militan belum lama ini juga berhasil ditangkap oleh tentara Lebanon ketika mereka mendatangi pos pemeriksaan dan diketahui mengantongi dokumen palsu.

Ratusan militan dilaporkan telah menyusup ke wilayah Lebanon menyusul kekalahan mereka dalam pertempuran dengan pasukan Suriah di wilayah perbatasan antara Lebanon dan Suriah. (mm/presstv/almanar)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL