GCCBaghdad, LiputanIslam.com – Tentara Irak menemukan perlengkapan perang buatan negara-negara anggota Dewan Kerjasama Teluk (GCC) dari tempat-tempat persembunyian militan Daulat Islam Irak dan Suriah (ISIS) di provinsi Salah al-Din.

Mengutip laporan TV pemerintah Irak, Press TV Ahad (15/6/2014) memberitakan bahwa perlengkapan itu diketahui milik Pasukan Perisai Semenanjung (Peninsula Shield Force) yang merupakan pasukan gabungan enam negara Arab anggota GCC, yaitu Arab Saudi, Kuwait, Qatar, Uni Emirat Arab, Bahrain dan Oman.

Perdana Menteri Irak Nouri al-Maliki berulangkali menuding Arab Saudi dan Qatar terlibat balik memburuknya krisis keamanan Irak akibat eskalasi terorisme. Maliki menyebut rezim Saudi sebagai negara yang getol mensponsori terorisme.

Belakangan ini situasi di Irak bergolak menyusul jatuhnya kota Mosul 10 Juni lalu ke tangan gerilyawan kelompok teroris yang terafiliasi dengan al-Qaeda. Gejolak ini membuat Perdana Menteri Irak Nouri al-Maliki mengumumkan status siaga penuh, ratusan ribu penduduk mengungsi, para ulama dari semua mazhab menyerukan fatwa jihad melawan ISIS, dan tentara Irak bersama ribuan relawanpun bahu membahu memerangi militan ISIS. (mm/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL