Baghdad, LiputanIslam.com –  Tentara Irak mengumumkan pihaknya berhasil meringkus seorang pria yang memiliki julukan “Abu Khaldun” dan merupakan wakil pemimpin kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (IS/ISIS/ISIL/DAESH).

Biro media keamanan tentara Irak dalam keterangan persnya, Selasa (3/12/2019), menyebutkan bahwa bertolak dari data dan informasi intelijen pasukan keamanan Irak telah melakukan operasi penyerbuan ke sebuah apartemen di distrik Hawija, provinsi Kirkuk, Irak utara, hingga menghasilkan penangkapan teroris buronan Abu Khaldun.

“Dia membawa kartu identitas palsu dengan nama Sha’lan Obeid ketika tertangkap,” ungkap tentara Irak sembari menyebutnya sebagai wakil al-Baghdadi dan pernah menjabat sebagai “amir militer” ISIS di provinsi Salahuddin, Irak utara.

Abu Bakar al-Baghdadi sendiri tewas dalam sebuah serangan yang dilancarkan oleh pasukan khusus AS di provinsi Idlib, Suriah utara, pada Oktober lalu.

Baca: Suku-suku Irak Turun ke Jalan Hadapi Perusuh

Pada 2017 Irak mendeklarasikan kemenangannya atas ISIS dengan merebut kembali sekira sepertiga wilayah negara ini yang disapu ISIS pada musim panas 2014.

Meski demikian, kelompok teroris beraliran Salaf/Wahhabi ini dilaporkan masih memiliki sel-sel yang tidak aktif di sejumlah besar wilayah Irak dan mereka sesekali masih melancarkan serangan-serangan teror.

Baca: Parlemen Irak Menyetujui Pengunduran Diri Perdana Menteri

Serangan ISIS meningkat dalam beberapa pekan terakhir di kawasan al-Wairah yang terletak di antara provinsi-provinsi Kirkuk, Salah al-Din, dan Diyala di utara dan timur negara itu. Kawasan itu dikenal sebagai kawasan “segitiga maut”. (mm/alalam/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*