tentara irak2DenHaag, LiputanIslam.com – Wakil Menteri Luar Negeri Irak Mohammad Javad al-Zawarqi menyatakan bahwa tentara negara ini berhasil sebuah lokasi luas yang di dalamnya terhadap bekas-bekas komplek program senjata kimia diktator Irak terguling Saddam Hossein dari tangan kelompok teroris takfiri Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

“Milisi ISIS merebut kawasan itu dalam serangannya pada bulan Juni lalu. Namun pasukan pemerintah Irak sekarang berhasil mengusir milisi itu dari komplek yang di dalamnya terdapat dua parit tertutup yang menjadi gudang senjata kimia lama, roket dan perangkat lain,” ujarnya dalam konferensi senjata kimia di DenHaag, Belanda, Senin (1/12), sebagaimana dikutip Reuters.

Dia menambahkan bahwa instalasi yang dibangun untuk memusnahkan senjata terlarang dengan bantuan dana Amerika Serikat sebesar puluhan juta dolar itu telah dijarah oleh ISIS. Lokasi yang terletak di utara Baghdad itu juga sudah ditebari ranjau oleh ISIS dan proses pemusnahannya yang dijadwalkan tahun ini tertunda.

Dia memastikan bahwa para teknisi militer Irak kini sedang berupaya membersihkan lokasi dari ranjau dan semua bahan peledak. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL