iraq-armyBaghdad, LiputanIslam.com – Pasukan Irak memulai operasinya untuk membebaskan kota strategis Sulaimaniyah yang terletak di perbatasan antara provinsi Salah al-Din dan provinsi Tikrit dari cengkraman milisi Daulat Islam Irak dan Suriah (ISIL) Jumat (13/6/2014). Dalam proses, pasukan Operasi Dajlah Irak antara lain berusaha menerobos masuk ke Sulaimaniyyah dari arah timur kota Mosul.

Pertempuran juga terjadi antara pasukan Irak dan Peshmarga Kurdi di satu pihak dan gerilyawan ISIL di wilayah perbatasan antara provinsi Kirkuk dan provinsi Ninawa. Setelah membebaskan Kirkuk, tentara Irak mengejar ISIL hingga wilayah Ninawa.

Tentara Irak juga berupaya mengamankan jalan strategis yang menghubungkan provinsi Salahuddin dengan Kirkuk. Untuk membersihkan jalan yang merupakan jalur internasional itu dari keberadaan teroris, tentara Irak juga melibatkan angkatan udara.

Di provinsi Diyala, pejabat administratif distrik Jalula, Anwar Hossein, mengatakan pasukan Peshmarga sedang menahan serangan ISIL dari gerbang barat. Kepada al-Sumaria dia membantah laporan adanya kawasan Jalula yang dikuasai oleh ISIL. Dia mengatakan bahwa Peshmarga mengendalikan sepenuhnya keamanan distrik ini setelah tentara dan polisi meninggalkan pos-pos mereka. (mm/almayadin/alsumaria)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL